Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan




Sirsak yang oleh masyarakat kita dikenal juga dengan nangka sebrang atau nangka belanda, merupakan buah yang memiliki rasa agak kecut-kecut asam dan biasa digunakan untuk membuat jus atau es krim. Di dalam buah sirsak ini terkandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan seperti vitamin B1 dan B2, vitamin C, karbohidrat serta fruktosa.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Bukan hanya buahnya saja yang baik untuk dikonsumsi, ternyata daunnya pun punya banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Daun sirsak ini umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pengobatan untuk berbagai macam penyakit. Dan berikut ini informasi selengkapnya mengenai manfaat daun sirsak untuk kesehatan :

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah bisa untuk menurunkan kolesterol. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, maka ini akan sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti timbulnya penyakit kronis, berkurangnya asupan oksigen ke dalam tubuh, terjadinya penyumbatan pembuluh darah, kesemutan dan terjadi penimbunan lemak dalam tubuh.

Untuk menurunkan kolesterol ini kita bisa menggunakan daun sirsak. Di dalam daun sirsak terdapat kandungan antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Untuk cara pemakaiannya juga sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun sirsak, lalu direbus dengan segelas air sampai mendidih hingga menyisakan air hanya setengah gelas. Air rebusan daun sirsak ini nantinya kita minum ketika sudah dalam kondisi hangat secara teratur paling tidak 2 kali sehari.

2. Mengobati Asam Urat

Asam urat ini merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena kadar zat purin dalam tubuh yang berlebihan. Saat zat purin terlalu banyak maka ginjal tidak akan bisa mengeluarkannya yang berakibat terjadinya penumpukan kristal asam urat dipersendian, sehingga timbul rasa nyeri, bengkak dan peradangan pada sendi.

Untuk mengobati asam urat ini, selain menggunakan obat dokter kita juga bisa mengobatinya dengan cara alami yaitu menggunakan daun sirsak. Kandungan zat antivirus, antibakteri, antimikroba yang terkandung dalam daun sirsak akan membantu dalam proses penyembuhan asam urat.

Cara penggunaan untuk mengobati asam urat tidak berbeda jauh dengan pemanfaatan untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan cara direbus. Siapkan sekitar 6 sampai 10 daun sirsak dan cuci hingga bersih, sebelum direbus potong daun sirsak menjadi beberapa bagian dan gunakan air sekitar 400ml untuk merebusnya.

Rebus hingga mendidih dan menyisakan air hanya setengahnya, saat sudah hangat atau dingin minumlah air rebusan daun sirsak ini secara teratur setiap hari. Jika tidak suka dengan rasanya, kita bisa menambahkan madu sebanyak 2 sendok teh agar ada rasa manisnya.

3. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang timbul karena kadar gula darah dalam tubuh berada diatas normal. Untuk menstabilkan kadar gula darah dan mengobati diabetes salah satu cara alami yang bisa kita lakukan adalah dengan daun sirsak.

Dalam daun sirsak ini terdapat berbagai senyawa yang bisa membantu proses penyembuhan diabetes, seperti vitamin A, vitamin B, lemak, kalsium, protein, fruktosa, flavonoid, saponin, alkaloid, steroid dan asetogenin.

Cara pengobatan diabetes dengan daun sirsak ini cukup mudah yaitu dengan cara merebusnya. Terlebih dahulu kita siapkan sekitar 10-15 lembar daun sirsak dan 3 gelas air. Rebus daun sirsak tersebut sampai mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air. Saring air rebusan daun sirsak dan diamkan sampai hangat, kemudian minum 2 kali sehari secara teratur.

4. Mengobati Ambeien atau Wasir

Manfaat daun sirsak berikutnya adalah bisa untuk menyembuhkan penyakit ambeien atau wasir. Ambeien ini merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena terjadi pembengkakan pembuluh darah pada bagian anus. Sehingga saat buang air besar akan terjadi gesekan yang menyebabkan keluarnya darah.

Untuk mengobati ambeien ini tidak harus menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia, karena ternyata kita pun bisa mengobatinya secara alami yaitu dengan menggunakan daun sirsak. Kandungan antioksidan tinggi yang terkandung dalam daun sirsak sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit serta menangkal radikal bebas, termasuk disini penyakit ambeien.

Cara pengobatannya adalah dengan merebus sekitar 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, biarkan hingga mendidih dan menyisakan sekitar 2 setengah gelas air saja. Minumlah rebusan daun sirsak ini saat kondisi sudah hangat atau dingin secara rutin tiap hari.

5. Mengobati Asma

Daun sirsak juga berkhasiat untuk mengobati penyakit asma atau sesak nafas, hal ini karena dalam daun sirsak terkandung senyawa acitogenins yang juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti kanker serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Cara penggunaannya adalah anda siapkan dulu sekitar 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga menyisakan air satu gelas. Saring dan dinginkan air rebusan daun sirsak tersebut, baru setelah itu diminum secara rutin 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

6. Mengobati Asam Lambung

Penyakit maag yang disebabkan oleh meningkatnya asam lambung mungkin sering dianggap sepele oleh sebagian orang, namun hal ini kalau tidak segera ditangani akan membahayakan lambung kita. Naiknya asam lambung ini umumnya dikarenakan pola makan yang kurang teratur.

Asam lambung sebenarnya berfungsi untuk membantu proses pencernaan, namun kalau kadarnya sudah berlebih akan bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti maag, mual dan muntah. Salah satu cara menurunkan kadar asam lambung yaitu bisa dengan menggunakan ramuan daun sirsak. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak yang bisa menurunkan asam lambung ini, anda bisa mengolahnya dengan cara direbus.

Pertama siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air atau sesuai kebutuhan sampai mendidih dan menyisakan hanya satu gelas air. Minum rebusan daun sirsak ini 2 kali sehari untuk menormalkan kembali asam lambung anda.

7. Mengobati Penyakit Jantung

Mungkin banyak yang belum tahu kalau salah satu khasiat daun sirsak adalah bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit jantung. Hal ini karena kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak mempunyai sifat vasodilator yang bisa melebarkan pembuluh darah ketika tersumbat, menurunkan gula dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi serta menekan aktifitas jantung.

Cara pengolahan daun sirsak untuk terapi pengobatan penyakit jantung sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan sekitar 10 helai daun sirsak dan 3 gelas air. Komposisi ini adalah untuk sekali minum. Selanjutnya keringkan terlebih dahulu daun sirsaknya dengan cara dijemur, setelah itu baru direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan hanya satu gelas air.

Saring hasilnya dan minum saat sudah dingin. Usahakan untuk minum 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Biasanya setelah minum rebusan daun sirsak ini badan akan berkeringat dan perut terasa hangat.

8. Membantu Menyembuhkan Kista Ovarium

Ovarium merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita yang ada di bagian perut bawah, lebih tepatnya ada di kedua sisi rahim. Wanita mempunyai 2 indung telur yang menghasilkan sel telur serta hormon prosgesteron dan estrogen.

Terkadang benjolan berisi cairan yang dinamakan dengan kista akan muncul pada salah satu ovarium. Hal ini biasanya tidak disadari oleh para wanita karena tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala, dan baru diketahui saat diperiksakan ke dokter.

Untuk mengobati kista ovarium ini kita bisa menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita, salah satunya yaitu daun sirsak. Cara pengolahannya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan 4 gelas air.

Yang perlu diperhatikan adalah rebus dulu airnya sampai mendidih baru masukan daun sirsaknya. Tunggu sampai airnya tersisa kurang lebih satu gelas, kalau sudah dinginkan dan saring. Ramuan siap diminum, usahakan untuk rutin meminumnya setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top