Bahaya Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer dan Pencegahannya




Di jaman yang serba digital ini komputer atau laptop sudah menjadi barang yang lumrah digunakan, bahkan merupakan kebutuhan yang perlu dimiliki setiap orang untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan, sekolah atau yang lainnya. Namun terkadang banyak yang terlalu over dalam menggunakan komputer ini, sehingga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama mata.

Bahaya Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer dan Pencegahannya

Untuk yang bekerja mungkin karena tuntutan pekerjaan yang harus segera selesai membuat mereka lupa untuk mengistirahatkan sejenak matanya. Terlebih lagi untuk siswa sekolah yang sedang mempelajari beragam tips komputer, ini tentunya merupakan hal baru yang sangat menarik untuk dipelajari, karena terlalu asyiknya terkadang sampai lupa waktu kalau mereka sudah duduk di depan komputer selama berjam-jam.

Hal seperti ini tentunya tidak boleh dibiasakan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Lalu apa saja dampak buruk karena terlalu lama duduk didepan komputer? Berikut beberapa diantaranya :

1. Menyebabkan Kerusakan Mata

Hal pertama tentu saja adalah bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Layar komputer yang menyala akan memancarkan radiasi, dimana ketika kita menatapnya terlalu lama akan membuat mata perih, merah dan berair. Dan kalau dibiarkan secara terus-menerus akan bisa menyebabkan mata minus.

2. Terganggunya Sirkulasi Darah

Ketika kita duduk terlalu lama di depan komputer ini bisa menjadi penyebab terhambatnya sirkulasi darah. Selain itu kalori dalam tubuh kita juga tidak akan terbakar secara maksimal karena kurangnya aktivitas tubuh. Dalam jangka panjang beragam penyakit pun bisa mengintai seperti diabetes, varises, kanker, penyakit jantung dan obesitas atau kelebihan berat badan.

3. Menurunkan Daya Ingat

Selain bisa membahayakan mata dan sirkulasi darah, terlalu lama di depan komputer juga dapat menurunkan daya ingat kita. Berdasarkan penelitian orang yang bekerja selama 55 jam di depan komputer cenderung mengalami penurunan daya ingat jika dibandingkan dengan mereka yang hanya bekerja selama 41 jam di depan komputer.

Jadi itulah beberapa bahaya yang mengintai anda jika terlalu sering berlama-lama di depan komputer. Gunakanlah sewajarnya dan berikan waktu untuk tubuh beristirahat. Untuk mencegah bahaya-bahaya tersebut anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

A. Memasang Kaca Anti Radiasi pada Layar Komputer

Dengan memasang kaca anti radiasi pada layar komputer, akan bisa membantu untuk mengurangi pancaran radiasi ke mata, sehingga efek negatif yang ditimbulkan bisa diminimalisir. Cara ini cukup efektif untuk menjaga mata tetap sehat dan tidak mudah perih atau lelah.

B. Duduk dengan Posisi yang Benar

Dengan posisi duduk yang benar akan membuat sirkulasi darah tidak mudah terganggu, selain itu juga baik untuk tulang belakang. Posisi duduk yang tepat ketika di depan komputer adalah posisi tegak, dan kalau bisa siapkan kursi yang nyaman untuk mendukungnya.

C. Lakukan Relaksasi

Duduk terlalu lama di depan komputer tentu saja akan membuat kita lelah, tubuh terasa tegang dan kaku. Ketika hal ini sudah terasa cobalah untuk melakukan beberapa gerakan relaksasi untuk membuat tubuh lemas kembali, seperti gerakan senam ringan, merenggangkan kaki dan tangan atau gerakan yang lainnya.

Nah, demikian tadi adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan kalau terlalu lama duduk didepan komputer beserta hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencegahnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Bahaya Terlalu Lama Duduk di Depan Komputer dan Pencegahannya"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top