Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Harus Anda Hindari




Pantangan Setelah Cabut Gigi

Pantangan Setelah Cabut Gigi - Sakit gigi memang terkadang sangat menyiksa, berbagai kegiatan yang biasa kita lakukan bisa mendadak terganggu karena sakit gigi ini. Banyak sebab yang bisa menimbulkan sakit gigi, seperti gigi berlubang serta jarang menyikat gigi. Namun yang paling pasti adalah karena kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut sehingga bakteri atau kuman penyebab sakit gigi akan mudah bersarang.

Sakit gigi ini memang bisa diobati dengan cara-cara yang alami, tapi tidak jarang pula harus berakhir di dokter gigi. Oleh dokter gigi biasanya gigi akan diperiksa dan dibersihkan untuk mengetahui secara pasti apa penyebabnya dan sudah seberapa parah sakit gigi yang diderita.

Dalam melakukannya dokter gigi menggunakan seperangkat peralatan yang dinamakan dengan dental unit. Dental unit ini banyak tersedia di toko-toko alat kesehatan besar, mereka umumnya menyediakan serta jual dental unit dari berbagai tipe dan merek dengan beragam pilihan harga.

Tidak jarang sakit gigi yang kita alami harus dilakukan pencabutan agar tidak menimbulkan efek yang lebih berbahaya. Ketika dokter gigi menyarankan untuk dicabut, kita tak perlu takut terlebih dahulu karena rasa sakit yang ditimbulkan tidak akan begitu terasa dikarenakan obat dan peralatan yang digunakan sudah canggih.

Mencabut gigi ini tidak akan dilakukan ketika masih terasa sakit karena akan sangat berbahaya, jadi pencabutan gigi dilakukan ketika rasa sakitnya sudah reda agar tidak membahayakan syaraf atau menimbulkan infeksi.

Setelah gigi dicabut bukan berarti kita sudah bebas untuk melakukan apa saja, namun ada beberapa pantangan yang perlu dihindari untuk mempercepat pemulihan. Dan berikut adalah beberapa pantangan setelah cabut gigi yang perlu diperhatikan :

1. Berkumur-kumur

Pada bagian gusi yang dicabut oleh dokter biasanya akan ditaruh kapas untuk mempercepat proses pembekuan darah. Jadi disarankan setelah itu jangan berkumur-kumur lagi terlebih dahulu agar proses pembekuan darah pada gusi tidak terganggu. Kalaupun harus berkumur-kumur lakukanlah dengan pelan dan penuh kehati-hatian.

2. Menyentuh Gusi

Gusi yang baru saja dicabut giginya pasti masih sangat rentan dan sensitif. Jadi ketika merasakan ada rasa tidak nyaman usahakan untuk tidak menyentuhnya. Selain bisa mengganggu proses penyembuhan, belum tentu tangan kita steril dari bakteri, sehingga saat menyentuh gusi dikhawatirkan akan ada bakteri yang menempel dan bisa menyababkan infeksi atau gangguan kesehatan lainnya pada gusi dan mulut.

3. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Panas

Mengkonsumsi makanan atau minuman panas akan bisa mengganggu proses pembekuan darah setelah cabut gigi. Jadi disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin. Ketika makanan atau minuman panas dikonsumsi maka akan bisa membuka luka dan menyebabkan pendarahan.

4. Meludah

Setelah gigi dicabut dan gusi diberi kapas, maka sebisa mungkin untuk kita jangan meludah walaupun mungkin terasa air liur sudah mengumpul dan usahakan untuk menelannya saja, hal ini tidak mengapa karena tidak berbahaya. Karena ketika masih ada kapas dan kita meludah, akan bisa mengganggu proses pembekuan darah di gusi.

5. Menyikat Gigi dengan Keras

Menyikat gigi ini mungkin diperbolehkan setelah beberapa hari, namun jangan pernah menyikatnya terlalu keras karena tentu saja bisa menyebabkan terjadinya pendarahan dan infeksi pada gusi.

Selain beberapa pantangan setelah cabut gigi diatas, disarankan juga untuk tidak merokok atau mengkonsumsi alkohol. Saat tidak sakit gigi saja dilarang apalagi saat saat gigi tentu akan lebih dilarang karena akan mengganggu proses penyembuhan.

Nah, demikianlah beberapa pantangan setelah cabut gigi yang perlu diperhatikan dan dihindari agar setelahnya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pendarahan atau infeksi pada gusi. Pantangan-pantangan tersebut bertujuan agar proses penyembuhan bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Pantangan Setelah Cabut Gigi yang Harus Anda Hindari"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top