Wednesday, November 15, 2017

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat dan Mudah

Posted by PRAYOGI on Wednesday, November 15, 2017

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat dan Mudah - Setiap orangtua pastinya berharap agar anak mereka yang masih kecil atau masih di taman kanak-kanak bisa cepat membaca dengan lancar, karena ketika anak sudah bisa membaca tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua, selain itu hal ini juga bisa menjadi nilai plus supaya bisa diterima di sekolah favorit, karena saat ini beberapa sekolah dasar ada yang mewajibkan para calon siswanya untuk sudah bisa membaca dan menulis.

Cara Mengajari Anak Membaca

Namun mengajari anak membaca bukanlah hal yang mudah dilakukan, para orangtua harus mempunyai kesabaran ekstra saat melakukannya, apalagi jika anak kita adalah tipe anak hiperaktif tentu akan butuh tenaga dan kesabaran yang lebih lagi. Karena ketika orangtua tidak memiliki kesabaran tentu ini akan bisa merusak mood anak dan yang ada sang anak malah akan sulit atau bahkan tidak mau untuk diajak belajar.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Orangtua Dalam Mengajari Anak Membaca


Dunia anak-anak adalah dunianya bermain, jadi orangtua harus bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para orangtua dalam mengajari anak membaca supaya proses belajar bisa berjalan dengan lancar dan terasa menyenangkan bagi anak, setidaknya orangtua harus memahami kedelapan hal berikut :

1. Mengharapkan atau Memaksa Anak Supaya Cepat Bisa Membaca

Seperti sudah saya singgung diatas bahwa mengajari anak membaca memerlukan kesabaran ekstra dan tidak bisa dilakukan secara instan, semuanya butuh proses. Jadi usahakan jangan terlalu memaksakan kehendak supaya anak bisa cepat membaca, jangan pula membanding-bandingkan anak dengan mereka yang sudah bisa membaca, karena setiap anak punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing, ikuti saja alurnya.


Yang terpenting dan harus dipikirkan oleh para orangtua adalah bagaimana caranya proses belajar ini bisa terasa menyenangkan bagi anak dan anak tidak cepat bosan. Sesuatu yang menyenangkan bagi anak biasanya akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh anak. Hindari pula untuk terlalu sering memberi tes, karena hal ini bisa saja membuat anak menjadi cepat pusing dan kehilangan mood.

2. Kaku Dan Tegang Saat Mengajari Anak Membaca

Dalam mengajari anak membaca orangtua harus bisa rileks dan santai jangan terlalu kaku atau tegang. Jika kondisi sedang tidak mendukung, akan lebih baik kegiatan belajarnya ditunda terlebih dahulu sampai suasananya mendukung, baru setelah itu dilanjutkan.

3. Mengajari Anak Dengan Abjad Rumit

Dalam mengajari anak membaca hindarilah penggunaan abjad yang rumit, karena ini akan membuat anak berpikir lebih keras dan yang ada malah cepat bosan nantinya. Ada baiknya gunakan kata-kata terlebih dahulu di tahap awal pembelajaran.

4. Pahami Mood Anak Sebelum Memulai Proses Belajar

Memahami mood anak sebelum memulai belajar adalah hal wajib yang harus diperhatikan oleh para orangtua. Jangan sampai ketika sang anak sedang marah, lapar, lelah atau mengantuk kita ajak untuk belajar. Dalam kondisi seperti ini tentu anak akan sulit bahkan tidak mau untuk diajak belajar. Belajar yang menyenangkan akan sangat bergantung pada mood anak.

5. Jangan Terlalu Lama Dalam Belajar

Proses belajar yang terlalu lama tentu akan terasa membosankan bagi anak, jadi sebaiknya ketika baru awal-awal memulai proses belajar cukuplah hanya sekitar 15 sampai 20 menit saja.

6. Gunakan Metode atau Cara yang Menghibur

Metode yang menghibur tentu akan bisa menarik perhatian anak dan bahkan bisa menjadikan anak keranjingan belajar. Lalu metode apa saja yang bisa membuat proses belajar anak terasa menyenangkan? Setidaknya ada 6 metode yang akan saya bagikan dan bisa anda coba lakukan. Keenam metode tersebut sudah saya cantumkan setelah ini, jadi baca terus sampai selesai artikel ini yah!

7. Usahakan Anak Membaca Setiap Hari

Agar anak bisa cepat membaca usahakan untuk mengajarinya setiap hari, jadi orangtua harus menyisihkan waktu untuk mengajari sang anak tiap harinya. Awalilah proses belajar dengan bacaan yang ringan, mudah dan menyenangkan untuk membentuk mood anak terlebih dahulu, misalnya dengan menggunakan cerita bergambar, baru setelahnya secara bertahap dilanjutkan dengan bacaan yang lebih kompleks.

8. Berikan Pujian

Ketika sang anak mampu menyelesaikan tugas yang kita berikan, maka jangan pelit untuk memberikan pujian kepadanya, karena hal ini bisa mendorong dan membuat anak lebih semangat dalam belajarnya. Selain pujian dengan kata-kata, anda juga bisa sesekali memberinya hadiah asalkan tidak dilakukan secara sering. Namun ketika anak melakukan kesalahan jangan dimarahi, namun kita harus bisa mengarahkannya dengan sabar dan penuh kelembutan.

Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat Dan Mudah


Nah setelah anda memahami apa saja yang perlu dilakukan selama proses belajar supaya berjalan lancar dan menyenangkan, kini saatnya anda mengetahui metode atau cara apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengajari anak membaca, dan berikut beberapa metode yang bisa anda coba praktekan :

1. Mengajari Anak Membaca Menggunakan Metode Glenn Doman

Supaya anak bisa lebih mudah menangkap setiap pelajaran yang kita berikan, maka lebih baik kita mengajarinya dengan metode yang sederhana terlebih dahulu seperti dengan cara pengenalan kata-kata dan yang paling populer adalah dengan menggunakan sebuah metode bernama Glenn Doman. Dan berikut adalah info selengkapnya mengenai cara mengajari anak membaca menggunakan metode Glenn Doman :

Langkah 1 :
Kumpulkan beberapa kata sederhana yang dikelompokan menjadi 3 set kategori, kemudian tulis di dalam kertas karton atau yang lainnya dalam bentuk kartu. Misalnya untuk set pertama adalah kategori A, set kedua adalah kategori B dan set ketiga adalah kategori C.

Misalnya untuk set pertama berupa kata nama-nama anggota keluarga seperti ibu, ayah, kakak, adik dan yang lainnya. Set kedua berupa nama-nama binatang seperti ayam, kambing, kelinci, kucing atau yang lainnya. Sedangkan untuk set ketiga misal berupa nama-nama buah seperti apel, mangga, pisang, semangka atau yang lainnya.

Langkah 2 :
Setelah semua kartu sudah jadi dan disusun sesuai kategori, kemudian minta anak untuk mengambil kartu paling atas pada tumpukan kartu kategori A. Lalu anda bacakan pelan-pelan kata yang tercantum dan ajak sang anak untuk menirukannya.

Ingat dalam hal ini kita tidak perlu menjelaskan arti kata yang dibaca, namun cukup fokus pada pembacaan saja. Lakukan hal ini hanya sekitar 2 atau 3 detik saja, kemudian ambil kartu berikutnya dari belakang tumpukan dan selanjutnya lakukan persis seperti cara sebelumnya. Saat melakukan hal ini anda sebaiknya memperhatikan bagaimana ekspresi anak saat menirukan kata yang anda ucapkan, mana kata yang disukai dan mana yang kurang disukai.


Anda tidak perlu meminta anak untuk mengulang setiap kata yang sudah anak baca. Kalau sudah membaca lima kata, pelajaran anda hentikan dulu lalu anda peluk dan cium sang anak, berikan pujian padanya untuk mengungkapkan kekaguman anda terhadap anak yang mau belajar.

Langkah 3 :
Pada hari pertama anda cukup memberinya kartu kategori A saja dan lakukan maksimal 3 kali. Pada hari kedua anda berikan kategori A sebanyak 3 kali dan kategori B sebanyak 3 kali juga. Untuk hari yang ketiga anda berikan tes semua kategorinya, misal kategori A diberikan 3 kali, kategori B 3 kali dan kategori C juga 3 kali. Untuk hari-hari selanjutnya maka dilakukan seperti pada hari ketiga.

Catatan :
Untuk hari ke-4 dan seterusnya setiap kata sebaiknya diulang sebanyak 14 sampai 24 kali, jika sudah lebih dari itu maka anda ubah kata-katanya dengan yang baru. Misalnya ketika sudah memasuki hari ke-6 anda ambil satu kata dari masing-masing kategori dan ganti dengan kata yang baru.

Ketika semua kata dalam satu kategori sudah selesai dibaca semuanya, maka susunannya anda acak kembali, ini bertujuan supaya anak tidak bisa menebak kata yang berurutan.

Jangan mengulangi kata yang sudah dibacakan, hal ini bertujuan supaya anda tidak keliru dalam menandai kata yang sudah dibaca. Penandaan ini juga dimaksudkan supaya anda tahu bahwa kata tersebut sudah dibaca berapa kali.


Itu tadi adalah cara mengajari anak membaca menggunakan Metode Glenn Doman, mudah sekali bukan? Jika cara ini dilakukan secara rutin dan konsisten maka tidak menutup kemungkinan anak anda akan lebih cepat bisa membaca.

2. Membaca Buku Cerita Atau Sambil Bercerita

Cara mengajari anak membaca dengan cepat

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan supaya pelajaran membaca ini bisa terasa menyenangkan bagi anak adalah dengan membaca buku cerita bergambar, karena seperti kita tahu bahwa setiap anak pasti suka ketika membaca buku yang ada gambarnya. Pada tahap awal anda cukup mengenalkan beberapa kata baru padanya untuk menambah perbendaharaan kata.

Disaat kemampuan membacanya sudah mulai lancar selanjutnya anda mulai mengajarkan anak untuk membaca setiap kata yang ada sambil kita menceritakan semua ceritanya. Dalam metode ini sang anak bukan hanya melafalkan setiap kata yang ada dalam buku namun harus kita bawa untuk bisa merasakan setiap karakter yang ada dalam buku.

3. Menggunakan Media Kartu Baca Atau Flash Card

Cara mengajari anak membaca dengan mudah
Kartu baca bergambar biasanya adalah sesuatu yang sangat disukai oleh anak-anak. Sehingga dengan menggunakan bantuan kartu baca atau flash card diharapkan kegiatan belajar akan lebih menyenangkan. Jenis flash card sendiri ada banyak macamnya seperti misal yang berupa nama-nama buah, sayuran, hewan, angka dan lain sebagainya. Bukan hanya nama-nama objek benda atau makhluk hidup tertentu, saat ini flash card sudah banyak yang mengenalkan suku kata sehingga akan membuat anak bisa menjadi lebih mahir membaca.

4. Membaca Sambil Bernyanyi

Metode ini cukup ampuh untuk mengenalkan huruf-huruf pada anak. Karena pada umumnya setiap anak suka bernyanyi. Dengan mengajak anak bernyanyi lagu tentang abjad, maka sang anak akan bisa secara cepat mengenali dan hafal setiap huruf dalam abjad.

5. Belajar Menggunakan Karpet Huruf

cara mengajari anak membaca yang baik
Saat ini banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk mengenalkan huruf dan mengajari anak membaca, salah satunya adalah dengan karpet huruf. Jadi usahakan untuk membeli karpet huruf ini, ketika anak bermain diatasnya maka secara tidak langsung akan mengajarkan anak untuk mengenali dan menghafal setiap huruf yang tercantum diatasnya.

6. Membaca Via Gadget Atau Media Elektronik

Di jaman yang serba canggih sekarang ini, gadget pun bisa menjadi sarana kita dalam mengajari anak membaca, namun setiap orangtua harus bisa membatasi pemakaiannya. Dengan menggunakan gadget smartphone yang anda miliki anda bisa mengunduh beberapa aplikasi pembelajaran untuk anak. Dalam penggunaan gadget ini orangtua harus membatasi sesi waktunya karena ketika terlalu lama maka akan bisa memberikan dampak buruk pada anak seperti karena radiasi dari smartphone atau terangnya cahaya pada layar yang bisa membahayakan mata anak.


Demikian tadi adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mengajari anak membaca beserta metode cara mengajari anak membaca yang bisa anda coba praktekan. Jangan hanya mengandalkan pendidikan di sekolah saja, tetapi para orangtua juga harus turut serta mengajarinya terutama saat dirumah.

Selalu didik anak anda dengan penuh kesabaran dan kelembutan jangan pernah memaksa apalagi memarahinya karena yang namanya belajar pasti butuh proses, hal paling penting yang perlu anda lakukan adalah membuat proses belajar ini menjadi terasa menyenangkan bagi anak, sehingga apa yang kita ajarkan mudah diterima dan dipahami sang anak.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Featured Post

18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah tugas...