Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Pahami Penyebab dan Akibatnya




Cara Mengatasi Anak Susah Makan - Menghadapi anak yang susah makan memang gampang-gampang susah, jika kita tidak benar-benar tahu apa penyebab anak tidak mau makan maka akan sulit untuk mengatasinya, yang ada malah anak makin rewel dan susah untuk makan atau maunya malah jajan melulu.

Ada banyak sebab kenapa anak susah makan. Dimana antara anak yang satu dengan yang lain kadang sebabnya berbeda. Untuk itu orang tua perlu mencari tahu mengapa anaknya begitu? Beberapa sebab utama kenapa anak susah makan, diantaranya adalah :

1. Bosan dengan menu makanan atau cara penyajiannya

Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Anak bosan dengan menu makanan yang ada

Menu makanan yang itu-itu saja akan membuat anak bosan serta malas untuk makan. Belum lagi cara cara penyajian makanan yang kurang menarik. Sama seperti orang dewasa, kalau kita makan dengan menu yang sama setiap hari dan disajikan semaunya, pasti akan menyebabkan malas makan.

2. Anak sedang sakit atau sedih

Anak Tidak Mau Makan
Anak sedang sakit atau sedih

Penyabab anak tidak mau makan dapat juga karena anak sedang sakit atau sedih. Kalau semula anak terlihat aktif, riang dan cerewet, namun kemudin ia tiba-tiba lebih suka diam dan terlihat malas-malasan, boleh jadi ia sedang sakit secara fisik atau suasana hatinya sedang kacau (sedih). Otomatis nafsu makannya pun hilang dan malas makan.

3. Kebanyakan jajan

Mengatasi Anak Susah Makan
Anak kebanyakan jajan

Anak-anak yang kebanyakan jajan akan malas untuk makan, karena mereka merasa sudah kenyang dengan jajanannya itu. Padahal hanya dengan jajanan, kecukupan gizi anak tidak bisa terpenuhi karena pada umumnya jajanan pilihan anak tidak memiliki nilai gizi.

Jika perut anak selalu kenyang oleh jajanan, otomatis nafsu makan makanan utama akan menurun sehingga anak pun menolak makan. Akibatnya, anak pun bisa kekurangan gizi. Selain itu jajanan anak yang dijual bebas di pasaran juga rawan dengan berbagai penyakit dan zat kimia berbahaya, untuk itulah sebaiknya hindari kebiasaan ini.

4. Pengaruh kebiasaan orangtuanya

agar anak mau makan
Pengaruh kebiasaan makan orangtuanya

Anak suka meniru apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya, terutama orangtuanya. Banyak perilaku yang dilakukan orangtuanya yang mempengaruhi perilaku makan anak. Misalnya anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang malas makan, misalnya diet, akan mengembangkan perilaku malas makan juga.

Perilaku lainnya, sering kita jumpai orang tua masih menyuapi anak yang sudah kelas 5 SD. Akibatnya anak tidak terlatih untuk bisa makan sendiri. Perilaku makan yang kurang tepat seperti kebiasaan orangtua ketika menenangkan anak yang sedang rewel dengan cara membelikan jajanan yang padat kalori (permen, minuman ringan, coklat, dsb.) Akibatnya anak kekenyangan dan malas makan.

AKIBAT ANAK SUSAH MAKAN

Menjadi harapan setiap orangtua bila anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang secara sehat, menjadi anak yang cerdas serta bahagia dengan asupan gizi yang cukup. Namun yang perlu disadari oleh para orangtua adalah bahwa setiap anak pasti tidak akan pernah luput dari fase sulit makan.

Beberapa hal yang menjadi faktor pemicu atau penyebab anak tidak mau makan diantaranya sudah dijelaskan diatas, selain itu juga biasanya dikarenakan faktor trauma dan masalah psikis. Apabila masalah sulit makan pada anak ini dibiarkan berlarut-larut tentu akan sangat berbahaya bagi si anak, karena akan menimbulkan berbagai dampak negatif seperti :

1. Kurang Gizi atau Malnutrisi
Salah satu akibat anak tidak mau makan atau susah makan adalah anak bisa mengalami kekurangan gizi. Hal ini biasanya dapat dilihat dari berat dan tinggi badan anak yang masih kurang dari normal.

2. Rentan Penyakit
Anak yang susah makan juga akan menjadi rentan terjangkit berbagai penyakit, karena kandungan nutrisi yang ada pada makanan seperti vitamin, protein dan kalsium yang berfungsi untuk menjaga imun tubuh akan berkurang jika anak sulit makan, bahkan resiko mudah terserang penyakit pun bisa terbawa sampai anak dewasa.

3. Menghambat Pertumbuhan
Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak. Kurang makan juga berarti kurang nutrisi yang akan menghambat atau bahkan menghentikan proses tumbuh kembang anak, terutama pada aspek penambahan berat dan tinggi badan.

Pertumbuhan yang terhambat akan bisa memberi efek buruk permanen pada anak di usia 4 tahun, karena di usia tersebut merupakan usia emas atau puncak pertumbuhan anak. Ketika tidak ada atau kurangnya nutrisi yang masuk kedalam tubuh, tentu saja tubuh tidak dapat mensintesis dan mengolah nutrisi pertumbuhan secara cukup untuk meningkatkan berat dan tinggi badan anak.

4. Gangguan Makan
Anak yang susah makan akan beresiko terkena berbagai gangguan makan seperti binge eating disorder (makan berlebihan secara kompulsif) , bulimia, anoreksia serta muntah setelah makan yang biasanya dialami saat anak mulai beranjak dewasa.

5. Risiko Kematian
Gangguan makan yang terjadi seperti bulimia atau anoreksia akan berisiko kematian 3 kali lebih besar dibanding dengan penyebab lainnya, berbagai studi dan kasus anoreksia menunjukan bahwa angka kematian karena bulimia mencapai 5,2% dan anoreksia mencapai 3,9%.

SOLUSI ANAK SUSAH MAKAN

Tentunya anda tidak ingin si anak mengalami berbagai hal buruk seperti diatas bukan? Nah, setelah sebelumnya anda tahu beberapa penyebab dari anak yang susah untuk makan beserta akibat yang ditimbulkan, kini anda sudah bisa menilai sendiri kira-kira apa yang menjadi sebab si anak menjadi susah makan, jangan sampai anak-anak anda mengalami berbagai hal buruk seperti di atas tadi.

Beberapa solusi cara mengatasi anak susah makan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Kreatif mengolah dan menyajikan makanan

Solusi Anak Susah Makan
Penyajian makanan yang menarik

Salah satu trik atau cara agar anak mau makan yang dapat para orangtua lakukan adalah dengan membuat variasi menu makan anak. Tidak harus mahal yang penting menu bervariasi. Jadi tergantung kreativitas para ibu dalam memberikan makanan bervariasi. Contohnya kalau anak tidak mau makan nasi, mungkin bisa diganti dengan roti atau bakmi.

Penyajian yang menarik juga penting sekali. Ciptakanlah suasana makan yang menyenangkan dengan berbagai kreasi yang dapat anda lakukan, misalnya menghidangkan makanan dengan aneka bentuk dan wadah yang lucu dan menarik. Jika perlu cetak makanan dengan cetakan yang lucu dan unik.

2. Berkomunikasi secara baik dengan anak

tips anak susah makan
Mengajak anak untuk makan

Orangtua tidak akan memahami kondisi anaknya dengan baik, apakah anaknya sedang sakit ataupun sedih, kecuali dia menjalin komunikasi yang baik dengan anaknya. Jangan paksakan anak kalau mereka tidak mau makan. Pahamilah dulu apa yang terjadi pada mereka. Selanjutnya sesuaikan makanannya dengan kondisi mereka.

Yang jelas dan perlu diingat oleh para orangtua adalah seberapapun anak tidak mau atau susah makan, namun mereka tidak akan membiarkan dirinya kelaparan. Artinya, begitu mereka merasa lapar tentu akan makan juga.

3. Hentikan atau kurangi kebiasaan jajan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Kurangi kebiasaan jajan

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan menghentikan atau mengurangi kebiasaan jajan. Sebagai ganti jajanan yang tidak sehat, orangtua bisa menyediakan berbagai makanan buatan sendiri yang sehat dan aman bagi anak-anak. Selain itu jadikan camilan itu sebagai menu selingan bukan makanan utama yang dikonsumsi sebelum mereka makan besar. Atur jarak dan porsinya sehingga ketika waktu makan tiba, mereka tidak kekenyangan camilan sehingga malas makan.

4. Contoh Orangtua

agar anak mau makan
Memberikan contoh kepada anak

Orangtua harus memberikan contoh kepada anak, bagaimana makanan yang baik dikonsumsi, serta cara makan yang baik. Apabila orangtua tidak makan (puasa) maka berikan penjelasan yang dapat dipahami oleh anak. Selain itu orangtua juga harus menjaga pola konsumtifnya sehingga anak tidak ikut-ikutan dengan pola perilaku jajan orangtuanya.

Jangan sekali-kali mengiming-imingi anak dengan jajan sebagai jalan pintas pereda kerewelan mereka. Hal itu justru akan menjadi senjata pamungkas anak-anak untuk rewel dalam rangka mendapatkan jajan.

Selain itu anda juga bisa melakukan atau meniru beberapa tips dari para orangtua dan dokter dalam mengatasi anak susah makan yang ada di video berikut ini :


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi anak susah makan yang harus para orangtua ketahui, semoga bermanfaat untuk Anda para orangtua yang sedang kesulitan dalam mengatasi sang buah hati yang susah untuk makan, jangan lupa juga untuk selalu mengiringi setiap usaha yang anda lakukan dengan doa.

0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Pahami Penyebab dan Akibatnya"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top