Tips Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar




Tips Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar - Memandikan bayi baru lahir bisa dibilang gampang-gampang susah. Bagi orangtua yang sudah berpengalaman dalam hal melakukan perawatan bayi baru lahir, tentunya tidak akan menjadi sebuah masalah besar. Lain halnya dengan para orangtua baru yang baru pertama kali punya bayi, Anda sebagai orangtua harus bertanya dan belajar langsung dari paramedis sebelum membawa si kecil pulang ke rumah.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Keterlibatan langsung/involvement support dari orang tua kepada anak dalam hal ini bayi baru lahir akan mendatangkan keuntungan bagi orangtua karena akan meningkatkan bonding atau ikatan antara orangtua dan bayi. Anda tentunya tidak ingin melewatkan hal ini bukan?

Lalu bagaimana cara memandikan bayi baru lahir yang baik dan benar dan apa yang pertama kali perlu anda lakukan dalam mempersiapkan-nya?

Pertama :
Rencanakan berbagai kebutuhan yang nantinya akan dibutuhkan dalam proses memandikan sehingga nantinya 'acara' memandikan bayi akan jauh lebih menyenangkan,dan aman. Pastikan semua perlengkapan mandi bayi mulai dari sabun, waslap, kapas, popok bersih, handuk di area mandi dan membersihkan bayi, sudah anda persiapkan semuanya.

Hal ini harus dipersiapkan dengan lengkap untuk mencegah adanya barang yang tertinggal sehingga anda harus mengambilnya ketika anda masih menggendong bayi. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya bila tangan anda basah dan licin. Jadi persiapkan terlebih dahulu.

Kedua :
Perhatikan suhu air yang akan anda gunakan untuk memandikan atau bahkan hanya diseka karena kulit bayi lebih mudah melepuh sehingga cek suhu air dengan pergelangan atau siku anda. Anda bisa gunakan bak mandi khusus bayi sebagai tempat memandikan atau membasuh bayi. Untuk mencegah bayi terlepas dari tangan anda maka lengkapi perlengkapan mandi dengan alas mandi yang berupa gumpalan handuk atau ganjalan saat anda mulai membasuh bayi. Dengan alas bayi, bagi anda yang masih kurang terampil memegang bayi saat mandi tentunya akan sangat terbantu dan mencegah bayi anda merosot dari pegangan anda.

Ketiga :
Jangan pernah meninggalkan bayi anda sendirian dalam bak mandi. Tundalah kegiatan lainnya saat anda memandikan bayi.

Keempat :
Jangan langsung memandikan bayi anda saat tali pusarnya belum copot dan mengering. Lakukan secara bertahap dengan membasuh tubuh bayi dengan spons atau waslap. Bagi yang telah berpengalaman tentunya sudah mengetahui tentang tata cara memandikan bayi baru lahir di bak mandi disaat tali pusarnya belum terlepas, namun bagi anda orangtua baru, cukup dengan membasuh tubuh bayi adalah pilihan yang aman.

Kelima :
Pertama kali yang anda lakukan terhadap tubuh bayi saat jelang memandikannya adalah meletakkan bayi pada handuk atau alas mandi lainnya yang memiliki permukaan rata. Pastikan bayi anda aman dengan selalu memastikan anda menopang kepalanya dengan baik selama ia berada dalam bak mandi, mulailah lepaskan pakaiannya, celupkan waslap pada air hangat kemudian peras hingga lembab.

Mulailah gunakan waslap tanpa sabun tersebut untuk membersihkan wajah pertama kalinya hingga bersih kemudian kepala, leher, belakang telinga. Tahap selanjutnya celupkan waslap pada cairan sabun bayi untuk membasuh dada, perut, tubuh, tangan, paha dan kakinya. Jangan lupa basuhlah rambut bayi 1-2 kali tiap minggu, pastikan tidak ada busa sabun masuk ke matanya.

Bila hal tersebut terjadi gunakan bola kapas lembab untuk membersihkan mata bayi. Bilas kembali dengan waslap lembab yang bersih dari sabun kemudian keringkan perlahan dengan handuk lembab. Selalu selimuti bayi dengan handuk selama pakaian belum dikenakan untuk memberikan kehangatan selama tubuh bayi masih basah.

Keenam :
Yang terakhir yaitu selalu yakinlah dan percaya diri dalam merawat si kecil pasca persalinan. Jangan malas untuk mencari ilmu perawatan bayi demi perkembangan tumbuh kembang si kecil.

Itu tadi adalah beberapa Tips Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar supaya tidak salah langkah dalam melakukannya dan semoga bisa membantu anda terutama para orangtua baru yang mungkin masih kesulitan dan takut dalam memandikan bayinya.

Tag : Bayi
0 Komentar untuk "Tips Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top