Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah




Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah - Didalam melakukan perawatan bayi yang baru lahir saat di rumah pastinya tidaklah mudah apalagi bagi pasangan yang baru saja memiliki buah hati untuk pertama kali. Ayah dan bunda paling tidak harus memiliki keberanian dan pengetahuan cukup mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kebiasaan yang segera ditemukan pada si bayi.

Yang pasti harus dihadapi paling awal adalah menyusui, kemudian memandikan serta beradaptasi dengan jadwal lapar si kecil yang bisa jadi amat mengejutkan, karena akan datang kapan saja, bahkan ketika Anda dan pasangan sedang tertidur pulas.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan bayi baru lahir di rumah :

Menyusui :

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Cara merawat bayi baru lahir di rumah, tidak bisa dilepaskan dari cara sang ibu menyusui. Karena seperti diketahui, bayi tidak boleh diberi apapun selain air susu ibu atau ASI sampai umurnya 6 bulan. Lakukan kegiatan ini sesering mungkin agar bayi dan Anda kemudian menjadi terbiasa. Duduk dengan dada yang tegak., tidurkan bayi di pangkuan Anda dengan menyandarkan kepalanya di lengan sebelah kiri. Perhatikan jarak antara mulut bayi dan puting susu. Berikan posisi paling nyaman kepada bayi Anda sehingga dia tidak rewel dan dapat menghisap ASI sebanyak yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Hindari menyusui dengan posisi si ibu tertidur untuk mencegah masuknya ASI ke dalam telinga bayi. Akan terasa sangat sulit pada hari-hari pertama. Kehadiran pasangan Anda walaupun hanya menemani, mengelus-elus punggung Anda atau menatap mata Anda akan sangat membantu secara psikologis.

Memandikan :

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah

Cara merawat bayi baru lahir di rumah , selanjutnya, adalah memandikan. Perlu kehati-hatian dalam melakukan ini. Apalagi ketika tali pusat belum terlepas, tidak boleh ada benda apapun yang ditaburkan ke atasnya dan jagalah area ini untuk tetap kering. Siapkan segala keperluan dalam memandikan bayi, air dengan temperature cukup, periksa berulang untuk memastikan bahwa air tidak terlalu panas atau dingin. Sediakan washlap, handuk dan baju yang akan digunakan si bayi, minyak telon bedak dan lain-lain sebelum Anda memandikan. Sabun dan sampo, dekatkan dengan jangkauan Anda. Sekali lagi kehadiran pasangan untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama akan sangat baik sehingga Anda bisa berbagi konsentrasi dalam menjaga si bayi.

Memandikan adalah cara merawat kulit bayi dari serangan kuman, sekali sehari sudah cukup, pilihlah sabun khusus bayi, agar kandungan zat-zat di dalamnya cocok untuk kulit yang masih halus. Demikian juga shampo untuk merawat rambutnya, pilih yang tidak akan mengakibatkan perih di mata. Gunakan baby oil vitamin E setelah dihanduki untuk tetap menjaga kelembaban dan bedak tabur, untuk melindunginya dari keringat berlebih.

Membersihkan mata, hidung, telinga dan mulut bayi :

perawatan bayi baru lahir

Jangan lewatkan pentingnya membersihkan mata, hidung dan telinga bayi. Carilah cotton buds yang lembut kemudian celupkan ke air hangat agar kotoran lebih mudah dihilangkan. Demikian juga dengan mulut bayi, biasanya terdapat bekas susu di lidah, untuk membersihkannya sudah tersedia alat yang dijual di apotik dan toko peralatan bayi. Tetapi bila tidak ada, gunakan kapas lembut yang sudah dibasahi, lap lidah bayi dengan lembut dan berhati-hati.

Menggunting kuku :

merawat bayi

Cara merawat bayi baru lahir yang juga tidak boleh dilupakan adalah menggunting kuku jari tangan dan kakinya. Sang ayah bisa melakukannya ketika bayi sedang disusui atau sedang tidur. Pilih gunting kuku kecil yang cukup tajam. Lakukan juga dengan hati-hati.

Kebersihan saat buang air :

merawat bayi baru lahir

Terakhir, merawat bayi yang baru lahir di rumah juga adalah memperhatikan kebersihan ketika bayi buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB). Biasakan membersihkan kemaluannya dengan kapas dan air hangat setelah BAK. Apabila menggunkan diaper, rajinlah untuk mengganti diaper minimal 3 jam sekali. Gunakan baby oil atau cream khusus sebelum mengenakan popok kain atau diapernya yang baru. Demikian juga setelah BAB. Pastikan membersihkan dengan cara yang benar yaitu dari arah kemaluan ke anus, menggunakan tisu basah atau kapas basah. Lakukan hingga kotoran diyakini tak bersisa.

Demikian tadi pembahasan mengenai tips cara merawat bayi baru lahir di rumah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Tag : Bayi
0 Komentar untuk "Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir Di Rumah"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top