Wednesday, August 5, 2020

Ini 7 Bisnis Tanpa Modal Yang Paling Mudah Dijalankan dan Menguntungkan

Posted by Gus Faqir on Wednesday, August 5, 2020

Ini 7 Bisnis Tanpa Modal Yang Paling Mudah Dijalankan  dan Menguntungkan

Walaupun saya kategorikan sebagai bisnis tanpa modal, kalau dipikir-pikir pasti akan ada modalnya juga untuk menjalankan, setidaknya modal pikiran, tenaga, peralatan, internet, dan hal kecil lainnya. Walaupun demikian, modalnya sangat kecil dan tidak akan terasa, oleh karena itu kita bisa menyebutnya sebagai bisnis tanpa modal.


Terdapat banyak bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal yang besar, kalau sekarang ini kamu punya gadget dan bisa akses internet maka kamu sudah bisa memulainya. Yups, dizaman modern seperti sekarang ini, peran internet dan gadget sangat luar biasa, memudahkan banyak pengguna dalam melakukan segalanya, salah satunya dalam mencari keuntungan.

Dengan adanya internet, sangat memungkin bagi siapa saja untuk memulai berbisnis dan mencari keuntungan tanpa modal yang berarti, alias minim modal. Kemudian  bentuk bisnisnya seperti apa yang bisa dilakukan tanpa modal? Terdapat  beberapa, dibawah ini akan saya ulas, silahkan disimak yaitu

1.       Bisnis Dropship

Yang paling mudah dan memiliki potensi paling besar menurut saya ialah bisnis dropship. Bisnis dropship merupakan bisnis dimana kamu menjual barang tanpa harus memiliki stok barang, tanpa repot mengurus packing dan pengiriman, tugas utama kamu hanyalah memasarkan barang. Untuk memulainya, kamu harus mencari supplier yang mau diajak kerjasama (cari di internet, ada banyak sekali).

Bila  kamu tertarik dengan bisnis pakaian, kamu bisa menjadi dropshipper produk pakaian, tinggal cari suppliernya. Begitu juga bila  kamu minat dengan produk elektronik, kamu bisa menjadi dropshipper elektronik.

Untuk memasarkannya sendiri, sudah ada banyak media yang bisa digunakan secara gratis, sebut saja Instagram, Facebook, Blog, Whatsapps, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa masuk di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan marketplace lainnya. Di bisnis dropship ini, kamu hanya butuh peralatan gadget dan koneksi internet saja.

2.       Jual Foto Di Internet

Kamu hobi foto? Bila  kamu punya foto yang bagus, unik, lain dari yang lain, foto kamu pasti laku bila  dijual, kan mending daripada membusuk di folder. Alih-alih hanya dipamerin di media sosial, mending dipamerin di situs-situs yang memang tempatnya jual-beli foto. Hanya modal gadget yang memiliki kamera cukup bagus dan koneksi internet, kamu sudah bisa memulai bisnis di bidang ini.

Dimana kamu bisa menjual foto? Terdapat banyak situs popular dan terpercaya yang bisa kamu gunakan, beberapa diantaranya ialah di Fotolia.com, Shutterstock.com, Dreamstime.com, iStockphoto.com, FreeDigitalPhotos.net, Bigstockphoto.com, Shutterfly.com, serta masih banyak lagi.

Yang jelas di bisnis bidang ini, kamu perlu kreativitas untuk memotret foto yang unik dan menakjubkan. Selain itu, semua foto yang kamu jual harus bebes hak cipta, artinya kamulah pemegang hak cipta dan hak penggunaan, bila  itu terpenuhi maka kamu bebas menjualnya.

3.       Makelar Properti

Mendengar kata properti mungkin cukup bikin merinding karena identik dengan harga yang mahal dan aspek yang terlihat ekslusive. Tetapi tahukah kamu sebenarnya untuk memulai bisnis properti ini bisa dilakukan tanpa modal lho? Caranya ialah dengan menjadi makelar. Menjadi makelar artinya kamu menjembatani antara pembeli dan penjual.

Sebenarnya kata makelar ini bisa disamakan seperti halnya penjual lainnya, kulakan dan jualan. Bedanya properti tidak bisa kamu tenteng dan hanya pelu kamu tawarkan lewat informasi, selain itu menjadi makelar properti tidak perlu kulakan, hanya butuh mencari orang yang mencoba menjual propertinya dan kamu mencari calon pembelinya, pertemukan mereka dan kamu mendapat komisinya.

Untuk memulai bisnis ini memang perlu pembelajaran, tapi kamu bisa memulai dengan mencoba di lingkungan sekitar kamu dulu. Cari-cari siapa yang mau menjual dan membeli properti, cobalah untuk memfasilitasi mereka. Manfaatkan pula situs-situs online sebagai marketplace properti seperti rumah.com, rumah123.com, lamudi.com, urbanindo.com, dan situs-situs lainnya, dari situs tersebut kamu bisa mulai membangun koneksi terlebih dahulu guna menemukan penjual dan pembeli.

4.       Jasa Content Writer

Pernah denger freelancer? Salah satu jasa yang kerap ditawarkan oleh para freelancer ialah jasa content writer atau penulis artikel. Bila  kamu suka menulis, bisnis tanpa modal ini sangat cocok bagi kamu. Di luar sana, ada banyak sekali pihak yang membutuhkan artikel untuk berbagai macam kebutuhan tetapi tidak bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukannya, sehingga mereka kerap mencari freelancer untuk menambah dan memenuhi artikel yang dibutuhkan.

Semakin tinggi kualitas artikel yang diminta, umunnya semakin tinggi pula komisi yang ditawarkan. Artikel yang diminta bisa berbagai  macam jenis, bisa artikel review, tutorial, atau bisa juga artikel berdasarkan pengalaman. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa bergabung di situs pencari freelancer seperti Projects.co.id dan sribulancer.com.

5.       Jasa Desain Grafis

Sama seperti halnya jasa content writer, jasa desain juga banyak dibutuhkan. Bedanya, jasa ini lebih banyak membutuhkan kreativitas. Untuk memulai bisnis di bidang ini, kamu juga bisa gabung di projects.co.id dan sribulancer.com.

6.       Jasa Penerjemah

Bisnis tanpa modal di bidang ini juga bisa memanfaatkan projects.co.id dan sribulancer.com untuk memulainya, ada banyak juga yang membutuhkannya. Kebanyakan yang dicari ialah menerjemahkan artikel bahasa indonesia-inggris atau sebaliknya, tapi akan bagus dan unik juga bila  kamu mempunyai kemampuan bahasa lain, seperti mandarin, jerman, atau spanyol. Jasa penerjemah kadang dihargai cukup mahal bila  diminta menerjemahkan karya ilmiah, itu karena kemampuan bahasa yang dibutuhkan tentu tidak sembarangan.

7.       Jasa Les Privat

Untuk memulai bisnis les privat tidak perlu tempat yang ekslusive, sederhana pun bisa bahkan les di alam pun terlihat menyenangkan untuk semua umur. Untuk merintis, tidak perlu muluk-muluk, mulai dulu dari tetangga dan kerabat yang membutuhkan mentor untuk anak atau adiknya. Bila  sudah mulai berkembang atau kamu punya tempat yang oke, cobalah memasarkan lewat online seperti media sosial. Atau bila  peralatan kamu memadai, kamu juga bisa membuat kelas online dimana tidak perlu tatap muka langsung dalam proses belajar mengajar.

Berdasrkan data,  untuk les atau kursus yang paling banyak dibutuhkan yaitu  les bahasa inggris, matematika, dan les yang melibatkan komputer seperti les pembuatan website, keahlian microsoft office, dan lain sebagainya. Bila  kamu punya keahlian salah satunya, tunggu apalagi silahkan mencobanya.

Nah, itulah beberapa bisnis tanpa modal yang mudah dijalankan dan tentunya halal. Semoga ulasan bisnis di atas bermanfaat dan menambah inspirasi kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.

 

Previous
« Prev Post

1 comment:

  1. Mungkin butuh jasa juga nih kalo masalah pajak. Biasanya yang di incar para pengusaha.

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Featured Post

18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah tugas...