Anopheles, Nyamuk Penyebab Malaria yang Harus Diwaspadai




Nyamuk Penyebab Malaria

Nyamuk Penyebab Malaria - Malaria merupakan suatu penyakit yang bisa membahayakan nyawa manusia, apabila penderita tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Penyakit malaria ini ditularkan melalui gigitan nyamuk yang telah terinfeksi oleh parasit.

Parasit penyebab penyakit malaria ini bernama plasmodium. Jenis parasit plasmodium sebenarnya ada banyak, namun yang sering dijumpai di Indonesia ada dua yaitu plasmodium falciparum dan plasmodium vivax. Tahukah anda apa nama nyamuk penyebab malaria yang membawa parasit plasmodium? Yah, ia adalah nyamuk anopheles terutama yang betina.

Nyamuk anopheles ini seringnya melakukan gigitan pada malam hari dan begitu kita sudah tergigit maka parasit akan langsung masuk ke dalam aliran darah. Selain melalui gigitan nyamuk penyakit malaria juga bisa menular melalui transfusi darah serta penggunaan jarum suntik secara bergantian. Bahkan ketika seorang wanita sedang hamil dan terkena malaria, janin di dalam kandungannya pun beresiko besar ikut terkena penyakit berbahaya ini.

Jadi sudah sewajarnya untuk kita selalu hati-hati dengan nyamuk anopheles, jaga selalu kebersihan tempat tinggal sekitar kita dan jangan biarkan ada air yang menggenang, karena ini bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk tersebut. Nyamuk anopheles ini cara berkembang biak nya adalah dengan bertelur, biasanya ia akan meletakan telurnya pada genangan air bersih yang tidak terkena polusi.

Jumlah telur yang diletakan biasanya berkisar antara 50 sampai 200 butir. Pada daerah yang beriklim panas biasanya telur akan menetas dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari dan pada daerah yang beriklim dingin memerlukan waktu sekitar 2 sampai 3 minggu.

Ciri-ciri Nyamuk Anopheles

Lalu bagaimana kita bisa tahu kalau itu adalah nyamuk anopheles? Salah satu ciri khas nyamuk anopheles yang bisa kita tandai adalah saat hinggap ia akan berposisi menukik atau membentuk sudut 90 derajat. Selain itu ciri-ciri lainnya adalah nyamuk ini mempunyai bentuk sayap simetris, berwarna hitam serta bentuk tubuhnya kecil dan pendek untuk yang betina.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Pada Bayi

Itu tadi adalah sekilas mengenai nyamuk anopheles, nyamuk penyebab malaria yang harus kita waspadai. Jagalah selalu kebersihkan tempat tinggal kita jangan sampai menjadi sarang nyamuk anopheles yang bisa membahayakan kesehatan kita dan orang disekeliling kita.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Anopheles, Nyamuk Penyebab Malaria yang Harus Diwaspadai"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top