Waktu dan Pola Tidur Bayi yang Baik dan Berkualitas




Waktu dan Pola Tidur Bayi yang Baik dan Berkualitas ➥ Bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Bayi yang baru lahir dapat tidur selama 12-20 jam dalam sehari. Waktu tidur ini terbagi menjadi beberapa waktu tidur, tidur siang selama 7,5 jam dan tidur malam selama 8,5 jam.
Waktu dan Pola Tidur Bayi yang Baik dan Berkualitas

Bayi hanya akan bangun atau terjaga ketika merasa lapar, popoknya basah, kepanasan, kedinginan ataupun merespon keadaan lingkungan sekitarnya.

Pola tidur bayi yang cukup lama sebenarnya tidak apa-apa, hanya saja bayi harus mendapat asupan ASI yang cukup. Untuk memastikannya, ibu harus membangunkan bayi setiap 2 jam untuk memberinya ASI.

Hasil penelitian menyatakan bahwa bayi yang tidak tidur nyenyak justru rentan sakit, iritasi, infeksi dan kurang responsive saat terjaga. Pola tidur bayi juga erat kaitannya dengan kekebalan tubuh bayi terhadap serangan penyakit. Selain itu, kualitas tidur bayi yang baik (nyenyak) akan mendukung perkembangan otak dan kecerdasannya.

Orangtua harus memahami pola tidur bayi. Pola tidur bayi juga mengikuti siklus tertentu. Adapun siklus tidur bayi beserta ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Tidur Ringan : Bayi terlihat sesekali tersenyum, otot tubuhnya terlihat kencang dan nafasnya terdengar tidak teratur.
  • Tidur Dalam : Nafasnya dalam dan teratur, ototnya terlihat rileks dan wajah bayi tidak berubah saat tidur.

Siklus tidur dalam adalah siklus tidur yang baik bagi bayi. Pada saat tersebut terjadi perkembangan sel otak yang maksimal dan sel tubuh juga menghasilkan hormon-hormon pertumbuhan. Kualitas tidur bayi yang baik memiliki syarat sebagai berikut :

  • Tidur tidak mengalami gangguan.
  • Tidak terbangun beberapa kali saat tidur.
  • Waktu tidur sesuai dan cukup dengan kebutuhan bayi.
  • Jadwal tidur mengikuti ritme biologis bayi.

Adapun jadwal tidur yang sesuai dengan ritme biologis bayi adalah sebagai berikut :

USIA
LAMA TIDUR
 0-20 Bulan
 2-6 Bulan
 6-12 Bulan
 13 Bulan
 3-5 Tahun
 5-12 Tahun
 12-18 Tahun
 16-18 jam/hari
 14-16 jam/hari
 13-15 jam/hari
 12-14 jam/hari
 11-13 jam/hari
 10-11 jam/hari
 8,5-9,5 jam/hari


Tips Membuat Bayi Tidur dengan Nyenyak


Kualitas tidur yang didapat oleh bayi tidak kalah pentingnya dari asupan nutrisi. Kebiasaan tidur yang sehat dapat mendukung tumbuh kembang, kesehatan dan kecerdasan buah hati. Saat tidur sel-sel otak berkembang dengan optimal sehingga pola tidur yang sehat sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan sel-sel otak bayi dan membuatnya menjadi anak yang cerdas. Tidur yang sehat dan berkualitas juga dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan fungsi organ tubuh yang optimal.

Bayi yang kurang tidur akan membuat perkembangan emosinya terganggu. Anak yang kurang tidur akan mengalami hambatan pada perkembangan motoric dan konsentrasinya. Tidur yang tidak sehat dan tidak berkualitas dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan pada anak/bayi, seperti obesitas, resistansi insulin (diabetes) dan penyakit kardiovaskuler.

Tips Membuat Bayi Tidur dengan Nyenyak

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa anak yang kurang tidur memiliki risiko 92% mengalami obesitas dibandingkan dengan anak yang memiliki kualitas tidur yang baik.

Memahami pola dan siklus tidur bayi memang tidak mudah. Orangtua harus teliti dan sabra untuk membantu buah hati mendapatkan tidur yang berkualitas, terutama pada tahun pertama kelahirannya.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk mengatur pola tidur bayi agar bisa tidur dengan nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang baik :

  • Tetapkan jadwal tidur bayi secara teratur
  • Atur kegiatan rutin menjelang tidur, terutama ditujukan untuk meredakan keaktifan bayi, misalnya dengan membacakan dongeng atau memberikan asupan lembut.
  • Pastikan kamar si kecil kondusif untuk tidur
  • Jangan menyalakan TV, Komputer atau membuat suara bising yang dapat mengganggu tidur bayi
  • Pastikan bayi selalu mendapatkan ASI sesuai kebutuhannya, jika perlu bangunkan bayi untuk disusui. 
Diharapkan dengan menerapkan beberapa tips diatas akan memaksimalkan proses tumbuh kembang, kesehatan dan kecerdasan buah hati kita.

0 Komentar untuk "Waktu dan Pola Tidur Bayi yang Baik dan Berkualitas"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top