Search This Blog

Featured Post

18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah tugas...

Random Posts

Adsense Right Sidebar

Senin, 19 Juni 2017

Permasalahan yang Sering Dialami Wanita Pasca Melahirkan

  Abu Alifa       Senin, 19 Juni 2017
Permasalahan yang Sering Dialami Wanita Pasca Melahirkan

Permasalahan yang Sering Dialami Wanita Pasca Melahirkan ➥ Beberapa permasalahan dan gangguan kesehatan dapat terjadi pada ibu pasca melahirkan. Berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Anemia
Anemia disebabkan oleh kadar zat besi dalam darah rendah. Anemia ditunjukan dengan kadar hemoglobin dibawah 11,9 g/dl atau hematokrit kurang dari 35,6%. Gejala anemia adalah tubuh lemah, pusing dan pandangan berkunang-kunang.

  • Konstipasi
Konstipasi adalah keadaan susah buang air besar (BAB) yang dapat disebabkan oleh stress, sistem pencernaan selama proses melahirkan dan asupan nutrisi yang kurang baik.

  • Kelelahan
Proses persalinan akan menguras energi yang sangat besar. Selain itu wanita yang baru saja melahirkan akan disibukan oleh beragam aktivitas mengurus bayi.

  • Kondisi Fisik dan Bentuk Tubuh Susah Kembali Seperti Sediakala (Sebelum Mengandung)
Setiap wanita pasti menginginkan bentuk tubuh yang indah untuk mendukung penampilannya. Namun banyak wanita yang tidak dapat memperoleh kembali bentuk tubuh dan kondisi fisiknya seperti saat sebelum memiliki anak.

Permasalahan dan gangguan kesehatan tersebut diatas tentunya akan sangat menganggu. Untuk mengatasinya, ibu dapat melakukan cara-cara sebagai berikut :

  • Mencukupi kebutuhan nutrisi serta memilih sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Pastikan ibu banyak mengonsumsi buah dan sayur.
  • Istirahat yang cukup dan berkualitas.
  • Memberikan ASI eksklusif kepada buah hati. Pemberian ASI eksklusif sangat banyak manfaatnya untuk ibu dan bayi.
  • Melakukan latihan fisik untuk mengembalikan dan mempertahankan kebugaran fisik, seperti aerobik dan yoga.
  • Mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan untuk memastikan kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi.
  • Jika ada keluhan, segeralah konsultasi kepada dokter atau bidan terdekat.
Itu tadi beberapa permasalahan yang sering dialami wanita pasca melahirkan lengkap dengan cara atau solusi untuk mengatasinya. Buah hati kita sangat butuh sekali perhatian dari kita selaku orangtua, jadi jagalah selalu kesehatan anda dan jangan pernah lewatkan berbagai perkembangan dan kondisi buah hati kita.
logoblog

Thanks for reading Permasalahan yang Sering Dialami Wanita Pasca Melahirkan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)