Monday, August 2, 2021

Cara Membina Anak Berbakat

Posted by Purna on Monday, August 2, 2021

Cara Membina Anak Berbakat haruslah diketahui oleh orangtua agar dapat lebih terarah  dalam menghadapi dan membina anak. Dan pada kesempatan kali ini kita akan berbagi beberapa tips dalam membina anak, simak terus ulasan berikut ini.

Cara Membina Anak Berbakat


  • Cara Membina Anak Berbakat yang perlu diketahui orangtua yang pertama yaitu perlu diingat bahwa anak anak berbakat tetap seorang anak dengan kebutuhan seorang anak. Walupun memiliki kemampuan kemampuan mental unggul, dalam perilakunya kebanyakan dari mereka sama seperti anak anak biasa. Ia bisa merasa jengkel, marah, menangis, atau mengucapkan kata kata seperti anak anak lain. Jangan mengharapkan setiap pernyataan atau pertanyaannya akan selalu mencerminkan keunggulannya. Anak berbakat membutuhkan kasih sayang dan pembinaan yang pada dasarnya sama seperti anak anak lain.

  • Cara membina anak yang perlu diketahui orangtua yang kedua yaitu janganlah membandingkan anak dengan kakak dan adiknya atau sebaliknya. Tidak perlu mencurahkan banyak perhatian berlebihan terhadapnya dibandingkan dengan terhadap anak anak lain. Karena setiap anak adalah unik, mempunyai kekhasannya sendiri. Kadang kadang memang anak anak membutuhkan perhatian khusus, misalnya ia mengalami kesulitan di sekolah karena kurang mendapat pengertian dan penerimaan dari guru atau dari anak anak lain. Namun, hal itu jangan sampai membuat iri saudara saudaranya, karena mungkin adiknya juga membutuhkan perhatian tambahan, karena kelemahan fisik tertentu dan kakanya membutuhkan perhatian khusus karena sedang dalam masa remaja dengan aneka masalahnya. Demikianlah setiap anak dalam keluarga memerlukan perhatian khusus dari orangtua.

  • Jangan pula suka membandingkan anak berbakat dengan anak anak tetangga, misalnya memamerkan keunggulannya di depan kenalan kenalan atau tetangga. Sikap seperti ini membuat orang lain tidak suka dan iri. Bukankah keluarga dekat seperti kakek, nenek, paman, bibi, lama lama menjadi bosan, kalau harus terus menerus mendengarkan cerita tentang prestasi anak.

  • Sempatkan diri untuk mendengar dan menjawab pertanyaan pertanyaannya. Anak berbakat sering mengajukan lebih banyak pertanyaan membutuhkan pemikiran dalam menjawabnya. Pupuklah rasa ingin tahunya dengan member jawaban jawaban selengkap mungkin secara jujur. Jika kita pada saat itu belum dapat menjawabnya, katakan dengan terus terang, atau katakan bahwa pertanyaan itu terlalu sulit untuk dijelaskan.

  • Usahakan baginya aneka ragam buku, majalah, surat kabar, dan bahan bahan lainnya yang dapat memperkaya pengalamannya. Ajaklah ia mengunjungi museum, perpustakaan, tempat tempat bersejarah, tempat tempat kesenian, dan sebagainya. Berilah ia kesempatan untuk bertemu dengan orang lain dan melihat tempat tempat yang dapat memuaskan rasa ingin tahunya dan yang menantang kecerdasan dan kreativitasnya. Rencanakan dengan orangtua yang lain dan dengan sekolah untuk mengadakan rekreasi ke tempat tempat yang menarik.

  • Cara Membina Anak Berbakat yang perlu diketahui orangtua yang keenam yaitu berilah kesempatan yang seluas luasnya untuk memuaskan rasa ingin tahunya dengan menjajaki bermacam mcam bidang. Meskipun demikian jangan memaksakan minat minat tertentu. Misalnya karena kita berpendapat bahwa bagi seorang anak laki laki penting untuk tahu tentang teknik lalu memberikan bahan bahan bacaan atau permainan, ktia cenderung hanya mengusahakan bahan atau alat alat permainan tertentu yang melulu tentang teknik, yang mungkin lebih mencerminkan minat atau ambisi kita sebagai orangtua.

  • Jika anak ingin mendalami salah satu bidang yang diamati, berilah kesempatan, akrena belum tentu ia memiliki kesempatan itu di sekolah. Tentu saja perlu dilihat apakah minat asli atau hanya mengikuti minat sekelompok anak tertentu, dan sejauh mana keadaan keuangan keluarga memungkinkan hal itu.

  • Jika anak ingin dan dapat melakukan sesuatu sendiri, berilah kesempatan. Dengan demikian orangtua memupuk kemandirian, kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab anak. Lebih dari anak anak biasa, anak anak mampu menilai kemampuan dan keterbatasannya. Sayang sekali orangtua sering kurang memahami atau menyadari ciri ciri mana yang paling penting dipupuk pada anak agar kelak menjadi orang dewasa yang mandiri dan percaya kepada diri sendiri.

  • Anak berbakat pada umumnya kreatif. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa ia selalu kreatif. Ia tidak perlu sepanjang hari sibuk dengan kegiatan mental. Orangtua hendaknya berhati hati, jangan sampai berlebihan dalam memberikan makanan mentalnya. Beri juga waktu untuk kegiatan fisik olahraga dan untuk melamun atau berkhayal. Banyak orangtua mengira bahwa berkhayal tidak baik dan tidak berguna. Kegiatan anak harus selang seling antara kerja dan bermain, antara sibuk dan santai.

  • Hendaknya orangtua tidak lupa menghargai dan memuji usaha usaha baik dari anak. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua anak, terlebih khusus anak berbakat kadang kadang memerlukan dukungan lebih agar mau dan berani melakukan hal hal dan tugas tugas yang sulit, majemuk, dengan risiko membuat kesalahan atau mengalami kegagalan.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa tips dan Cara Membina Anak Berbakat yang dapat kami bagikan. Semoga beberapa tips diatas dapat menjadi panduan dan referensiyang bermanfaat agar lebih terarah dalam  membina anak berbakat


Baca juga: Cara Membentuk Kepribadian Anak

Newest
You are reading the newest post

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Featured Post

18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah tugas...