Saturday, July 31, 2021

Berbagai Cara Mengatasi Anak Nakal

Posted by Purna on Saturday, July 31, 2021

Cara Mengatasi Anak Nakal dengan benar tidak lah mudah. Mendidik anak yang nakal menjadi anak yang patuh dan penurut memang tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Diperlukan kesabaran dan kerja keras yang ekstra untuk terus mengajarkan dan mendidik mereka menjadi orang yang baik dan patuh terhadap orang tua. Banyak sekali orangtua yang dibuat pusing dalam mendidik anak yang nakal, jika berpergian serta buah hati mereka ke tempat yang baru,  anak akan dengan mudah berpergian kesana kemari dan berlari hilir mudik serta mengganggu orang lain dan sewaktu kita nasihati mereka malah menangis tidak terima atau bahkan menyerang kita dengan pukulan.



Melihat hal ini, banyak sekali orangtua yang tidak sabar mengadapi dan mengendalikan anaknya yang nakal dan cenderung melakukan kekerasan sebagai solusi untuk anaknya. Lantas benarkan cara tersebut dianggap sebagai solusi terbaik? jawabannya tentu saja tidak.

Mendisiplinkan anak yang nakal tidak bisa dilakukan dengan jalan kekerasan. Malah sebaliknya, hal ini malah akan membuat anak semakin liar dan tidak takut dengan siapapun. Dalam hal ini orangtua harus mampu menerapkan cara mendidik anak namun tidak dilakukan dengan jalan kekerasan seperti main pukul, main cubit atau ancaman, sebab hal-hal ini akan berdampak buruk terhadap pertumbuhan anak.


Cara Untuk Mengatasi Anak Nakal yang Benar


Cara pertama dalam mengatasi anak nakal yaitu dengan tidak memberikan label nakal pada anak.

Sewaktu anda mendapati anak anda sulit sekali diatur dan sering rewel sewaktu diberikan nasihat, maka jangan terburu-buru memberikan mereka predikat ‘anak nakal’. Disaat anda memberika label “nakal”, hal ini justru akan membuat mereka tidak percaya diri dengan lingkungannya. Selain itu, predikat yang terlanjur anda berikan ini akan membuat mereka seperti diberikan sebuah label yang terus melekat dalam diri mereka sehingga mereka merasa sia-sia saat menjadi anak yang baik.

Daripada memberikannya predikat demikian, ada baiknya sewaktu anak melakukan kesalahan segera dekati anak dan pegang pundaknya lalu berikan mereka pengertian untuk tidak melakukan kesalahan tersebut karena hal tersebut tidak terpuji. Jangan lewatkan berikan tatapan mata pada anak anda dan buatlah mereka berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Cara kedua dalam mengatasi anak nakal adalah menjadi contoh yang baik

Ketika anda mengharapkan anak bisa tumbuh dan menjadi anak dengan perilaku yang baik, maka perbaiki terlebih dahulu sikap kita sebagai orang tua dan jadilah contoh yang baik untuk mereka. Pelajaran paling jitu yang bisa diberikan orang tua adalah praktek dan kenyataan bukan pada teori.

Cara ketiga dalam mengatasi anak nakal adalah dengan bersikap yang lembut

Saat anak melakukan kesalahan didepan umum yang membuat kita malu, rasanya kita ingin sekali memarahi mereka. Namun, sebagai orangtua yang baik, tidak seharusnya kita melampiaskan amarah seketika ditempat yang sama apalagi disaksikan oleh banyak orang. Kesalahan yang anak buat bisa saja adalah ketidak sengajaan yang membuat mereka khilaf, untuk itu kendalikan amarah anda dan tanyakan pada mereka mengapa hal tersebut mereka lakukan. Lanjutkan dengan memberikan nasihat, sampaikanlah dengan cara yang lembut. Anak anda bisa jadi merasa malu dengan masalah yang ia buat, untuk itu jangan perparah penyesalannya dengan mencaci yang hanya akan membuat mereka semakin tertekan.

Cara keempat dalam mengatasi anak nakal adalah dengan menetapkan aturan dan sanksi yang tegas

Buat aturan dan sanksi yang tegas namun tidak dengan menggunakan cara kekerasan yang akan menyakiti anak dan membuat mereka berada dalam bahaya. Misalkan ketika anda memberlakukan peraturan jam belajar dari jam 7 sampai jam 8, Â sementara anak sibuk bermain game di gadgetnya. Maka berikan ia sanksi seperti mengambil komputernya dan tidak mengizinkan ia bermain sampai waktu belajar dimalam hari diselesaikannya. Dengan begini anak dengan perlahan menyelesaikan kewajibanya sebelum mengambil hak-haknya.

Cara kelima dalam mengatasi anak nakal adalah dengan menjadi orangtua yang konsisten

Semakin banyak toleransi yang anda berikan akan membuat anak leluasa melanggar peraturan yang telah anda buat untuk mereka. Jika dibiarkan terus melanggar peraturan yang anda buat maka mereka akan cenderung menjadi pembangkang dan sulit diatur.

Untuk itulah, cobalah menjadi orangtua yang konsisten pada semua peraturan. Dengan ketegasan dan sifat konsisten pada diri anda akan membuat anak segan untuk melanggar peraturan yang anda buat karena ada sanksi yang harus mereka hadapi jika membuat kenakalan.

Pada intinya, penyebab anak menjadi penurut atau bahkan menjadi nakal banyak dipengaruhi oleh campur tangan orangtua dalam menerapkan pola asuh pada anak. Untuk itu, pola asuh orangtua dalam mendidik anak akan menentukan karakter mereka.

Demikianlah tadi  informasi mengenai berbagai Cara Mengatasi Anak Nakal. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat !!


Baca juga: Penyebab Anak Menjadi Nakal

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Featured Post

18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah tugas...