Thursday, July 30, 2020

Contoh Invoice Tagihan Yang Baik dan Benar Untuk Perusahaan

Posted by Gus Faqir on Thursday, July 30, 2020

Contoh Invoice Tagihan atau faktur adalah dokumen yang dibuat oleh pejual kepada pembeli berupa catatan nilai nominal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, faktur atau invoice adalah daftar barang kiriman yang dilengkapi keterangan nama, jumlah dan harga yang harus dibayar.

Contoh invoice atau Faktur


contoh invoice tagihan

bukubiruku.com

Invoice memiliki beberapa jenis, mulai dari tagihan, pembayaran, penjualan dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh Invoice Tagihan yang bisa anda gunakan.

1. Contoh Invoice Tagihan

Invoice tagihan berisi daftar barang, jumlah barang, harga serta total yang harus dibayar oleh pembeli. Dibawah ini adalah contoh invoice tagihan. https://hendrayulianto.com/blog/contoh-invoice-tagihan

contoh invoice tagihan yang baik dan benar

Beberapa poin penting yang harus ada dalam invoice tagihan, yaitu :

1. Cantumkan identitas penjual yang berupa nama perusahaan, alamat perusahaan dan nomor kontak perusahaan
2. Cantumkan identitas pembeli atau tujuan yang akan dikenakan tagihan
3. Cantumkan tanggal transaksi
4. Nomor faktur atau invoice harus tertera sesuai dengan nomor yang berlaku
5. Nama salesman juga dicantumkan bila perlu
6. Buat daftar rincian barang yang dibeli pelanggan dengan detail. Termasuk di dalamnya deskripsi barang, kuantitas barang yang dibeli, harga satuan, diskon, serta total harga keseluruhan yang harus dibayar oleh pembeli
7. Jika ada, cantumkan pula total pajak yang harus dibayar bersamaan dengan total harga barang
8. Sertakan tujuan pembayaran bagi pembeli atau customer yang dapat berupa nomor rekening bank yang dituju
9. Sediakan kolom tanda tangan pembeli atau penerima barang sesuai dengan invoice yang berlaku
10. Jika ada catatan tambahan, cantumkan di bagian bawah invoice, misalnya keterangan bahwa barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan atau ucapan terimakasih kepada pelanggan yang telah melakukan transaksi.
11. Jika diperlukan, tanda lunas dari cap, stempel atau logo dari komputer juga dapat ditambahkan diatas invoice untuk menandakan bahwa tagihan telah dilunaskan oleh pembeli/customer.

2. Invoice faktur Jasa yang baik dan benar

Invoice jasa adalah invoice yang dikeluarkan untuk pembayaran jasa, contohnya seperti jasa penerjemahan, desain, training dan bentuk jasa lainnya. Invoice jasa lebih sederhana daripada invoice penjualan barang. Berikut ini contoh invoice jasa penerjemahan dokumen resmi yang dihitung biayanya secara rinci (perkata). Sebaiknya, jasa penerjemahan seperti ini memiliki harga pasti yang telah ditentukan, sehingga biaya yang harus dibayarkan oleh pembeli juga jelas dan detail.Contoh Invoice Tagihan Jasa

contoh invoice jasa yang baik dan benar

Hal-hal yang harus ada pada invoice jasa adalah :
1. Identitas penyedia jasal yang berupa nama perusahaan, alamat perusahaan dan nomor kontak perusahaan. Jika ada, cantumkan logo perusahaan.
2. Identitas pengguna jasa atau klien, yang berupa nama dan alamat atau institusi (jika ada) – contoh contoh invoice tagihan
3. Tanggal invoice dikeluarkan serta tenggat waktu pembayaran
4. Detail produk jasa yang diberikan, jumlah (jika ada), harga jasa serta total biaya jasa yang harus dibayar oleh pengguna jasa atau klien
5. Jika ada catatan tambahan, cantumkan di bagian bawah invoice.

3. Contoh Invoice atau faktur MS Excel 

Invoice juga dapat dibuat dengan aplikasi Microsoft Excel dengan langkah sederhana dan mudah. Berikut contoh dari invoice excel.

contoh invoice excel tagihan yang baik dan benar

Pada dasarnya, pembuatan invoice di excel sama dengan layout invoice lainnya. Namun dengan menggunakan software Microsoft Excel, penjual atau pembuat invoice dapat dengan mudah menambahkan kolom-kolom yang diperlukan tanpa perlu mengubah pengaturan layout invoice secara keseluruhan.

Baca Juga : Contoh Surat Permohonan Kerja Yang Baik

4. Contoh Invoice Tagihan atau faktur Pembayaran

contoh invoice pembayaran yang baik dan benar perorangan

Invoice pembayaran dikeluarkan setelah pembeli atau customer melakukan pembayaran, baik secara lunas maupun sebagian. Invoice ini sebagai pertanda bahwa telah ada transaksi pembayaran yang telah dilakukan oleh pembeli/customer.

Saat ini, telah banyak perusahaan yang mengeluarkan invoice pembayaran secara otomatis sesaat setelah pembayaran dilakukan oleh customer. Contohnya, perusahaan penyedia tiket online, toko online, maskapai penerbangan serta perusahaan lainnya yang telah mengintegrasikan sistem transaksinya secara online.

5. Contoh Invoice MS Word

contoh invoice microsoft word yang baik dan benar

Sesuai dengan namanya, invoice word dibuat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word yang hingga saat ini telah umum digunakan untuk berbagai keperluan. Dengan menggunakan Microsoft Word, pembuatan invoice menjadi lebih mudah dengan template yang sudah ada.

Perusahaan atau pembuat invoice hanya perlu untuk mengisi detail Contoh invoice tagihan diatas template word yang sudah ada.

6. Contoh Invoice atau faktur Penjualan Sederhana

contoh invoice pembayaran sederhana

Invoice penjualan sederhana dapat dibuat secara otomatis menggunakan komputer atau ditulis manual dengan buku invoice yang telah dicetak sebelumnya. Isi dari invoice ini masih sesuai dengan standar, namun dengan template yang lebih sederhana. gambar diatas merupakan contoh dari invoice penjualan sederhana.

7. Contoh Invoice Hotel sunny hills

Invoice hotel adalah invoice yang dikeluarkan oleh pihak hotel atas pemesanan kamar atau layanan lainnya yang dilakukan oleh tamu hotel. Biasanya, invoice hotel diberikan setelah tamu hotel melakukan check out dan melakukan pembayaran. Berikut contoh dari invoice hotel.

contoh invoice hotel yang baik dan benar

Hal-hal yang harus tercantum pada invoice hotel adalah :

1. Detail hotel berupa nama, alamat, nomor kontak, website dan email resmi (jika ada)
2. Nomor invoice dan tanggal invoice dikeluarkan
3. Nama tamu hotel yang menginap atau menggunakan jasa hotel
4. Detail kamar dan jasa yang digunakan oleh tamu
5. Jumlah kamar, barang atau jasa
6. Pajak yang berlaku
7. Total harga yang harus dibayar oleh tamu hotel
8. Jika ada catatan tambahan, cantumkan di bagian bawah invoice
9. Jika diperlukan, cap atau stempel LUNAS atau PAID dapat ditambahkan diatas invoice untuk menandakan bahwa tamu hotel telah membayar tagihan secara lunas.

8. Contoh Invoice Dalam Bahasa Inggris

Perusahaan-perusahaan multinasional maupun internasional biasanya mengeluarkan invoice dalam bahasa inggris. Hal itu dikarenakan banyak klien atau customer yang berasal dari luar negeri sehingga bahasa inggris digunakan untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Berikut contoh dari invoice dalam bahasa inggris.

contoh invoice bahasa inggris dan artinya

9. Contoh Invoice Pelunasan

Invoice pelunasan dikeluarkan oleh perusahaan jika klien atau pembeli sudah melakukan pelunasan tagihan barang atau jasa yang telah diberikan sebelumnya. Berikut contoh invoice pelunasan.

contoh invoice pelunasan yang baik dan benar

Isi invoice pelunasan masih sama dengan invoice pada umumnya, namun yang perlu diingat bahwa invoice ini hanya dikeluarkan setelah seluruh tagihan dinyatakan lunas. Biasanya perusahaan yang mengeluarkan invoice, menambahkan cap atau stempel dengan tulisan LUNAS untuk menandakan bahwa seluruh tagihan sudah lunas pada tanggal tertentu. Tanggal pelunasan tagihan juga perlu dicantumkan.

10. Contoh Invoice Barang

Invoice barang adalah invoice yang dikeluarkan dalam transaksi barang. Umumnya, invoice ini dikeluarkan setelah pembeli melakukan pemesanan yang berupa barang. Contoh invoice barang ada pada gambar dibawah ini.

contoh faktur barang yang baik dan benar

Invoice tersebut menunjukkan pembuat invoice dan penerima invoice lengkap dengan data tambahannya. Selain itu, order atau pemesanan yang dilakukan juga dicantumkan secara detail. Total pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli tercantum dengan jelas beserta nomor rekening pembayaran.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Featured Post

18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah tugas...