Inilah Beberapa Penyebab Pusing Saat Hamil Muda




Penyebab Pusing Saat Hamil Muda

Penyebab Pusing Saat Hamil Muda - Kehamilan merupakan salah satu moment kebahagiaan yang diimpikan oleh setiap wanita yang sudah menikah. Banyak hal yang dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kandungannya agar selalu sehat baik ibu dan calon bayi di dalam kandungan. Namun, terkadang berbagaimacam kondisi yang tidak enak dirasakan oleh wanita hamil seperti mual, pusing, gampang capek, dan lain sebagainya. Ada beberapa sebab yang mengakibatkan kondisi 'tidak enak' yang dirasakan oleh ibu hamil. Salah satunya yang akan kita bahas adalah penyebab pusing pada ibu hamil.

Penyebab pusing saat hamil muda beberapa di antaranya disebabkan oleh :

1. Hormon.
Ibu hamil mengalami perubahan hormon tubuh, sehingga berpengaruh juga pada tensi darah tubuh. Jika tensi darah sedang turun, kondisi pusing ini bisa terjadi. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab pusing saat hamil muda atau yang biasanya terjadi pada usia kehamilan trisemester pertama.

2. Bangun tidur atau berdiri terlalu cepat.
Bangun tidur atau berdiri terlalu cepat, bisa menjadi penyebab pusing pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan, saat tidur atau duduk, darah berkumpul di bagian bawah tubuh. Bangun tidur atau berdiri terlalu cepat, mengakibatkan darah tidak mengalir dengan baik ke bagian atas tubuh terutama otak, sehinggak kepala kekurangan oksigen yang mengakibatkan kepala pusing.

3. Berbaring dengan punggung (telentang).
Saat usia kehamilan melewati trisemester pertama, darah sedikit lebih sulit alirannya ke bagian bawah anggota tubuh. Sehingga kondisi berbaring atau terlentang dalam waktu yang lama mengakibatkan darah tidak mengalir dengan lancar, denyut jantung meningkat, tekanan darah menurun yang mengakibatkan gejala gelisah, mual dan pusing.

4. Kehamilan ektopik.
Ada satu jenis kehamilan yang harus diwaspadi pada seorang wanita yaitu kehamilan ektopik. Kehamilan ini terjadi ketika janin tidak tertanam di dalam rahim namun di dalam tuba falopi. Kehamilan jenis ini akan mengakibatkan pusing pada wanita hamil dan juga rasa nyeri di bagian satu sisi kepala.

5. Tidak Makan.
Kenapa wanita hamil mudah lapar? Tahukah Anda? Wanita yang sedang hamil, makanan yang masuk ke dalam tubuhnya ketika pertama kali masuk ke dalam tubuh akan lari menuju pemenuhan kebutuhan nutrisi janin. Setelah itu, barulah makanan akan mencukupi kebutuhan nutrisi ibunya. Bayi di dalam perut seperti parasit yang akan mengambil semua nutrisi di dalam tubuh.

Jadi, bisa kita bayangkan kalau wanita hamil sampai kekurangan nutrisi dalam asupan makanan? Oleh karena itu, setiap wanita hamil dianjurkan untuk makan setiap beberapa jam agar kadar glukosa tidak turun, agar kepala tidak akan pusing. Selain itu, nutrisi ibu dan bayi di dalam kandungan akan tercukupi.

6. Berdiri untuk waktu yang lama.
Wanita hamil yang berada di usia trisemester kedua dan ketiga, disarankan untuk tidak berdiri dalam waktu yang lama. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penumpukan darah di bagian kaki, sehingga supplai darah ke bagian otak akan berkurang sehingga kepala akan pusing.

7. Tekanan darah naik-turun.
Usahakan menjaga tekanan darah saat hamil pada kondisi normal, karena tekanan darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi akan mengakibatkan pusing.

8. Diabetes.
Wanita hamil yang menderita diabetes, harus menjaga pola makan agar kehamilan selalu sehat terutama tidak gampang pusing. Konsultasi ke dokter harus rutin dilakukan.

Itulah beberapa penyebab pusing saat hamil muda. Setiap wanita yang sedang hamil harus mengetahui kondisi tubuhnya, sehingga kandungan serta tubuh ibu akan selalu terjaga dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Tag : Kehamilan
0 Komentar untuk "Inilah Beberapa Penyebab Pusing Saat Hamil Muda"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top