Cara Mengetahui Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan SADARI




Cara Mengetahui Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan Sadari - Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu dari delapan wanita berisiko terkena kanker payudara. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan kanker payudara juga terjadi pada pria. Kanker payudara merupakan jenis kanker yang terbanyak diderita dibandingkan jenis kanker lainnya. Sangat penting memahami cara mengetahui kanker payudara sejak dini, untuk mempercepat penanganan sebelum terlanjut menjadi kanker stadium lanjut.

Agar kanker payudara dapat segera terdeteksi sedini mungkin, sangat penting untuk mengenal cara mengetahui kanker payudara. Salah satu gejala yang bisa menjadi peringatan dini adalah adanya benjolan di payudara. Memang tidak semua benjolan pada payudara merupakan benjolan abnormal. Banyak hal lain yang memungkinkan timbulnya benjolan pada payudara, seperti penebalan jaringan, kelainan hormon, kista, infeksi, atau benjolan akibat trauma.

Untuk mendeteksi apakah ada benjolan pada payudara Anda, Anda bisa melakukan pemeriksaan sendiri secara berkala. Jika ditemukan benjolan, periksa apakah benjolan tersebut tidak lenyap atau tidak berubah. Perlu diperhatikan bahwa pada umumnya benjolan kanker tidak terasa sakit. Jika ragu apakah benjolan tersebut berpotensi menjadi kanker atau tidak, dapat diperkuat dengan pemeriksaan klinis, termasuk di antaranya adalah pemeriksaan fisik oleh dokter, mammografi, ultrasonografi, dan biopsi.

Baca juga : Cara Mengetahui Kanker Rahim

Metode pemeriksaan untuk mengenali gejala dini kanker payudara dengan pemeriksaan sendiri dikenal dengan nama metode SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Pada wanita usia subur, cara SADARI disarankan untuk dilakukan secara rutin pada 7-10 hari setelah hari pertama menstruasi, karena pada masa itu kepadatan payudara berkurang. Frekuensi yang disarankan adalah setiap satu sampai tiga bulan satu kali. Sedangkan pada wanita yang sudah menopause, metode SADARI disarankan untuk dilakukan pada tanggal yang sama setiap bulan atau tiga bulan sekali.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengetahui kanker payudara dengan pemeriksaan SADARI dari Yayasan Kanker Indonesia:

Cara Mengetahui Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan SADARI

1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan payudara, misalnya apakah ada kerutan, lekukan, perubahan ukuran, atau bentuk, termasuk apabila ada perubahan bentuk simetri pada kedua payudara, terdapat tanda pembengkakan.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara. Kemudian dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara. Otot dada akan berkontraksi dengan sendirinya saat Anda melakukan gerakan tersebut.

3. Langkah selanjutnya adalah dengan menaruh kedua tangan anda di pinggang, kemudian buat payudara anda menggantung dengan mencondongkan bahu ke depan. Lalu dorong kedua siku ke depan dengan kuat sehingga otot dada berkontraksi. Amati bila ada perubahan pada payudara.

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku. Kemudian raba dan tekan dengan ujung jari tangan kanan. Perhatikan setiap bagiannya mulai dari bagian payudara sebelah kiri hingga area ketiak. Raba dengan gerakan atas bawah, gerakan melingkar, dan gerakan lurus dari tepi lingkaran payudara ke daerah puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan.

5. Amati apakah terjadi perubahan bentuk pada puting. Cubit kedua puting, apabila posisi puting masuk ke dalam dan tidak kembali lagi, segera berkonsultasi dengan dokter.Cermati juga bila ada cairan aneh yang keluar dari putih, termasuk jika ada darah yang keluar, apalagi jika tidak sedang masa menyusui. Jika hal tersebut terjadi, segera berkonsultasi dengan dokter.

6. Ambil posisi berbaring. Lalu taruhlah bantal di sebelah bawah pundak kanan dan angkat lengan kiri ke atas. Cermati payudara sebelah kanan sambil melakukan gerakan meraba seperti pada langkah keempat. Gunakan ujung jari untuk menekan seluruh bagian payudara hingga sekitar ketiak. Ulangi ada sisi berlawanan.

Itu tadi adalah cara mengetahui kanker payudara dengan pemeriksaan SADARI yang bisa anda lakukan sendiri untuk mendeteksi sedini mungkin adanya kanker payudara pada tubuh kita. Apabila memang terdapat suatu benjolan yang tidak wajar jangan ragu untuk segera memeriksakannya ke dokter sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Demikian artikel untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Mengetahui Kanker Payudara Dengan Pemeriksaan SADARI"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top