Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Karena Tumbuh Gigi




Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Karena Tumbuh Gigi - Kebanyakan orang tua terutama ibu akan menjadi sangat khawatir ketika mengetahui bayinya sedang sakit atau mengalami satu hal yang membuat si bayi tidak tenang. Keadaan bayi yang tidak tenang atau sakit ini pun juga disebabkan oleh beberapa penyebab. Salah satunya adalah ketika bayi mengalami demam saat tumbuh gigi. Di sinilah ibu sebaiknya mengetahui bagaimana cara mengatasi demam pada bayi saat tumbuh gigi.

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Karena Tumbuh Gigi

Secara umum, bayi akan mulai mengalami pertumbuhan gigi sejak menginjak usia 6 bulan. Kemudian, proses pertumbuhan gigi ini akan terus berlangsung sampai gigi susu bayi menjadi lengkap yaitu ketika bayi sudah menginjak usia 3 sampai 3,5 tahun.

Namun, usia ini bukanlah usia patokan untuk semua bayi yang ada. Beberapa bayi akan mengalami proses pertumbuhan bayi yang lebih cepat dan juga sebagian yang lainnya justru akan mengalami kelambatan dalam waktu pertumbuhan giginya.

Salah satu ciri khas yang banyak ditemukan pada bayi ketika mengalami pertumbuhan gigi adalah adanya demam atau bayi menjadi panas. Suhu badan bayi pada saat ini bisa mencapai 38 derajat celsius.

Hal ini sejatinya adalah sebuah hal yang sangat wajar untuk terjadi karena pada saat proses pertumbuhan gigi ini, akan tumbuh pula akar gigi yang menembus pada bagian gusi bayi. Inilah yang menyebabkan rasa sakit dan kemudian membuat suhu badan bayi akan naik.

Beberapa gejala atau tanda tumbuh gigi yang lainnya juga akan menyertai demam bayi saat tumbuh gigi ini. misalnya adalah bayi akan menjadi sangat rewel. Ia tak henti-hentinya untuk menangis, gelisah dan merasa tidak nyaman. Selain itu, bayi mengalami penurunan nafsu makannya baik itu makanan pendamping ASI yang sudah mulai diberikan pada usia ini atau bahkan bayi tidak mau untuk menyusu.

Bayi saat memulai proses tumbuh gigi ini juga akan sering kali memperlihatkan tanda bahwa ia suka sekali untuk memasukan benda yang ada di dekatnya ke mulutnya. Entah itu mainan, kain atau bahkan tangannya sendiri. Beberapa gejala inilah yang akan ada di ketika tumbuh gigi.

Namun, gejala demam pada bayi ketika gigi tumbuh ini tidak terjadi oleh semua bayi yang ada. Ada sebagian bayi yang tak mengalami sedikit gangguan pun pada saat ini. hal ini bergantung pada sistem daya tahan yang dimiliki oleh si bayi tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengatasi demam pada bayi karena tumbuh gigi?


Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua atau ibu adalah tetap dalam keadaan yang tenang. Demam pada si bayi adalah sebuah hal yang wajar dan akan hilang dengan sendirinya setelah sekitar satu atau dua hari. Sehingga dengan ini, ibu tak perlu begitu khawatir atau sampai memutuskan bayi dibawa ke dokter.

Yang kedua, ibu harus tetap menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuh bayi. Misalnya bayi menolak untuk makan atau menyusu, ibu sedapat mungkin untuk mencoba dan berusaha agar bayi mau makan. Entah itu dengan memberikan makanan yang lebih lunak atau menjaga mood bayi ketika makan sehingga bayi tetap makan.

Hanya ketika bayi dirasakan dalam keadaan yang sangat rewel dan tak tertangani lagi, misalnya menangis tak henti-hentinya, dalam keadaan ini bayi dapat dibawa ke dokter. Dengan ini, orang tua dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai penangan apa yang sebaiknya dilakukan kepada bayi untuk membantu bayi dalam proses tumbuh gigi ini.

Itulah beberapa cara mengatasi demam pada bayi karena tumbuh gigi yang bisa anda lakukan. Menjadi ibu yang cerdas akan menentukan keadaan dan kualitas dari bayi itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Tag : Bayi, Kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Demam Pada Bayi Karena Tumbuh Gigi"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top