Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Jantung




Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Jantung - Saat Anda memasuki usia tiga puluh tahun, kehidupan mungkin saja akan penuh tekanan juga rumit. Banyak kejadian kompleks melingkupi perjalanan hidup seperti pernikahan, anak, ataupun pinjaman. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa rasa stress justru dapat menyebabkan resiko penyakit jantung. Terdapat banyak cara mencegah penyakit jantung agar terhindar dari serangan penyakit jantung dan untuk terus menjaga kesehatan jantung di usia Anda saat ini serta menikmati hidup Anda.

1. Jauhkan Diri Anda dari Tekanan.

Menjauhkan diri dari tekanan lingkungan sekitar seperti masalah kantor ataupun keluarga memang bukanlah sebuah perkara mudah, namun cobalah untuk mengubah cara anda menganinya. Saat mengalami masalah tersebut, anda sebaiknya lebih bersikap rileks. Semakin anda bersikap rileks, maka akan semakin mudah membantu tubuh anda untuk mengatur tingkat stres. Berbagai hasil penelitian telah menunjukkan bahwa dengan bersikap rileks dapat mengurangti perasaan stres tiap individu.

2. Rajinlah berolahraga.

Berolahraga bukan hanya membuat tubuh Anda menjadi bugar, namun di lain hal dapat pula mengatasi stress yang dialami. Berolahraga adalah langkah cerdas serta tepat untukkesehatan jantung Anda saat berusia tiga puluh tahun. Bahkan berolahraga 15 hingga 30 menit tipa harinya, akan memberikan manfaat besar bagi kesehatan jantung serta menjauhkan Anda dari kegemukan (kelebihan berat badan); juga berbagai ganguan penyakit lainnya.

3. Makanlah makanan sehat untuk jantung.

Anda wajib mencoba dan menghindari segala macam makanan yang tak sehat, misalnya saja selama seminggu. Segala makanan tak sehat dapat meningkatkan produktivitas kalori serta tingkat kolesterol dan makin meningkatkan resiko penyakit jantung. Anda dapat melakukan program makanan protein untuk diet, makan makanan yang banyak mengandung omega 3, ataupun mencicipi makanan sehat saja yang disediakan oleh restoran sekitar.

4. Tidurlah Yang Cukup.

Tidur yang kurang dari lima jam sehari dapat menyebabkan dua resiko penyakit yakni jangtung bahkan stroke. Biasakanlah bahwa anda dapat tidur dengan cukup setiap harinya, menghilangkan kebiasaan merokok, mengkomsumsi alkohol berlebihan, atapun menghindari mengkomsumsi makanan b erat sebelum tidur.

5. Rajinlah Sarapan Pagi.

Bila Anda memiliki kebiasaan yang jarang sarapan pagi, bahkan tidak pernah sarapan pagi kemudian memulai aktivitas, maka saatnyalah menghilangkan kebiasaan tersebut. Sarapan pagi sungguh sangat penting. Menu sarapan pagi Anda sebaiknya yang sehat serta memiliki nutrisi karena zat-zat dalam makanan tadi akan memberikan bahan bakar bagi tubuh saat beraktifitas.

6. Hati-hatilah saat menjalankan program KB (Keluarga Berencana).

Anda harus betul-betul memperhatikan detail saat memutuskan untuk menjalani program KB (Keluarga Berencana), terutama bila Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi serta apabila dalam keturunan keluarga Anda memiliki riwayat penyakit jantung. Karena pemakaian obat kontrasepsi seperti pil ataupun patch kontrasepsi justru memberikan efek negatif bagi pasien dengan dua masalah riwayat kesehatan tersebut diatas. Oleh karena itu, Anda wajib konsultasi dengan dokter kandungan sebelum mencoba berbagai macam kontrasepsi.

7. Hati-hatilah dengan Makanan Tinggi Gula serta Garam.

Makanan dengan kadar gula tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol sedangkan makanan yang tinggi kadar garamnya dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Anda tidak mungkin seratus persen menjauhi makanan yang mengandung kedua zat tersebut, namun Anda harus membatasi diri untuk mengkomsumsinya.

Demikian tadi adalah 7 Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Jantung, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda para pembaca semuanya. Terima kasih.

Tag : Kesehatan
1 Komentar untuk "Cara Mencegah Penyakit Jantung dan Menjaga Kesehatan Jantung"

Kesehatan jantung memang harus selalu dijaga, karena penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh nomor satu didunia. Sangat disarankan untuk yang merasa jantungnya bermasalah segera periksa ke dokter supaya bisa diketahui bagaimana kondisi kesehatan jantungnnya menggunakan sebuah alat bernama mesin EKG.

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top