8 Aplikasi Kompress PDF Untuk PC dan Android Gratis

PDF menjadi salah satu format dokumen yang paling banyak digunakan hingga saat ini, dari keperluan pembelajaran sampai pekerjaan. Dokumen PDF bisa memuat teks dan gambar dengan baik, namun karena kontennya yang banyak terkadang membuat ukurannya dokumen tersebut menjadi terlalu besar.
Untuk beberapa kondisi, mungkin kamu membutuhkan aplikasi kompres PDF untuk mengurangi ukurannya. Beberapa kondisi tersebut misalnya saat kamu harus mengunggah dokumen dalam bentuk PDF, dimana terdapat limit ukuran dokumen. Aplikasi menjadi solusi tepat apabila kamu sering berurusan dengan dokumen PDF.

Aplikasi Kompres PDF untuk Android

Kamu bisa menemukan banyak aplikasi kompres PDF untuk Android melalui Google Play Store, yang pastinya gratis. Namun daripada harus mencari sendiri aplikasi mana yang bagus, lebih baik kamu melihat beberapa rekomendasi dari Nokturnal berikut ini.

All PDF by Robert Lando

All PDF
All PDF sudah pernah saya bahas diartikel sebelumnya tentang cara mengecilkan file PDF. Aplikasi ini bisa dibilang sebagai aplikasi all-in-one untuk segala keperluan yang bersangkutan dengan dokumen berformat PDF, karena banyaknya fitur yang ia miliki.
Selain fitur editing file PDF, All PDF juga memiliki kemampuan sebagai PDF reader atau PDF viewer. Tampilan All PDF juga cukup simpel dan mudah dimengerti, terlebih ia sudah dilengkapi dengan fitur dark theme. Kamu bisa menggunakan All PDF secara gratis dan offline.

PDF Utils by shash9989

PDF Utils
Mirip seperti All PDF, PDF Utils juga membawa banyak tools editing PDF yang sangat berguna. Bedanya ia tidak memiliki kemampuan sebagai PDF reader atau PDF viewer. Dengan ukuran sekitar 7MB kamu bisa mendapatkan aplikasi kompres PDF dengan banyak fitur lain yang mudah digunakan.
Selain untuk mengecilkan PDF, beberapa fungsi lain yang ia bawa adalah PDF Watermarks, PDF Security, PDF Merger, PDF Cutter dan masih banyak lagi yang lainnya. PDF Utils bisa bekerja dengan baik tanpa sambungan internet.

PDF Compressor by Phedro Quan

PDF Compressor
Yang kedua ada PDF Compressor, yang merupakan aplikasi khusus untuk mengecilkan ukuran file PDF. Tampilannya sangat simpel, dimana kamu langsung menemukan fungsi kompres saat membuka aplikasi. Dihalaman utama aplikasi kamu juga bisa menemukan cara pemakaian, yang menurut saya tidak akan terpakai karena ia mudah digunakan.
PDF Compressor memerlukan koneksi internet untuk memproses, jadi pastikan ponselmu tersambung dengan internet. Kamu bisa memilih kualitas kompress pada bagian Compress Options sesuai selera, pastikan untuk tidak menurunkan Image quality terlalu jauh agar gambar tetap terlihat baik.

Compress PDF by Smart Utility Mobile

Compress PDF
Aplikasi kompress PDF alternatif selanjutnya adalah Compress PDF, yang hanya memiliki satu fungsi sesuai namanya. Ia memiliki tampilan yang modern dan mudah digunakan, pasti kamu tidak akan mendapai kesulitan.
Sama seperti PDF Compressor, ia memerlukan sambungan internet untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Mencari dan memilih dokumen PDF di aplikasi ini sangat mudah, kemudian terdapat tiga level kompresi yakni: EXTREME, REOMMENDED dan LOW. Saya sendiri akan menyarankan recommended sebagai pilihan utama agar tidak kehilangan kualitas gambar yang ada didalam PDF.

Aplikasi Kompres PDF untuk Komputer

Untuk kamu pengguna laptop atau PC, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi gratis berikut ini untuk mengecilkan file PDF.

Microsoft Word

Sebagian besar pengguna Windows pasti memiliki Micorosft Word terinstall dikomputer mereka. Sebenarnya kamu bisa memanfaatkan Word untuk mengurangi ukuran dokumen PDF loh, saya sudah pernah menuliskan langkah-langkahnya pada artikel berjudul cara kompres file PDF.

ORPALIS PDF Reducer

Kompres PDF dengan PDF Reducer
ORPALIS PDF Reducer berfungsi untuk mengurangi ukuran PDF, dan tersedia untuk Windows. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, meski demikian kamu bisa menggunakannya dengan melalui masa trial selama 60 hari yang disediakan.
Sayangnya dokumen PDF hasil kompres akan memiliki watermark dari ORPALIS karena sedang menggunakan versi trial. Kamu bisa menghilangkan watermark ini apabila membeli versi premium yang ditawarkan. Namun jika ingin mencoba, pilih versi PDF Reducer On-Premises Desktop.

NitroPDF

Alternatif selanjutnya kamu bisa mencoba NitroPDF. NitroPDF cukup populer sebagai PDF reader dan viewer, yang juga mempunyai beberapa fitur lain termasuk kompres PDF. Kamu juga bisa menggunakan versi trial untuk mencoba fungsi kompresnya.
Dibanding beberapa aplikasi sebelumnya NitroPDF memiliki opsi kompres yang lebih detil, dan bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Saya juga sudah menulis cara mengecilkan PDF dengan NitroPDF pada artikel sebelumnya, kamu bisa mengunjunginya melalui link ini.

Free PDF Compressor

Free PDF Compressor
Free PDF Compressor bisa dibilang mirip dengan ORPALIS PDF Compressor karena simpel dan hanya memiliki satu fungsi, yang berbeda hanyalah kamu bisa menggunakan aplikasi ini gratis karena bersifat freeware.
Aplikasi ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengecilkan file PDF. Didalamnya terdapat 5 pengaturan kompresi yang berbeda yakni, Screen, eBook, Printer, Prepres dan Default. Jika belum familiar dengan hasilnya, mungkin kamu harus mencoba satu persatu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Frequently Asked Questions:

Apa aplikasi kompres PDF terbaik menurut Nokturnal?
Untuk komputer maka Microsoft Word, sebagai alternatif adalah NitroPDF. Sedangkan untuk Android adalah All PDF.
Apakah memungkinkan kompres PDF tanpa aplikasi?
Tentu saja, ada banyak situs kompres PDF online gratis yang bisa kamu gunakan.
Bagaimana jika setelah kompres gambar di PDF menjadi rusak?
Coba kompres lagi dengan menggunakan pengaturan kompresi yang tidak agresif, karena semakin banyak gambar didalam dokumen PDF semakin sulit untuk mendapatkan ukuran yang kecil.
Apakah bisa menentukan ukuran hasil kompres?
Beberapa aplikasi maupun situs online memiliki fitur tersebut, tapi menurut saya lebih baik memilih pengaturan yang direkomendasikan agar hasilnya tetap nyaman dilihat.
Penutup
Itulah beberapa aplikasi kompres PDF yang Nokturnal sarankan untuk kamu coba. Menggunakan aplikasi akan mempercepat pekerjaanmu karena tidak perlu mencari situs online yang tepat, terlebih kamu bisa menggunakannya dimana saja secara offline.

Comments