Monday, May 8, 2017

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Paling Manjur

Posted by PRAYOGI on Monday, May 8, 2017

Cara Mengatasi Anak Susah Makan - Anda sedang kebingungan karena anak susah makan? Tenang saya punya solusinya, baca sampai selesai yah, karena di bagian akhir Anda akan menemukan cara paling manjur untuk mengatasi anak susah makan, yang akan menjadikan anak makin lahap makannya, sehat dan cerdas pastinya.

Menghadapi anak yang susah makan memang gampang-gampang susah, jika kita tidak benar-benar tahu apa penyebab anak tidak mau makan maka akan sulit untuk mengatasinya, yang ada malah anak makin rewel dan susah untuk makan atau maunya malah jajan melulu.

Setidaknya ada 14 solusi yang akan saya sampaikan pada artikel kali ini, dari 14 solusi atau cara tersebut cara terakhir adalah yang paling saya sarankan karena terbukti manjur dan bisa membuat anak makin lahap makan-nya. Namun sebelum itu anda perlu memahami dulu penyebabnya. Ada banyak sebab kenapa anak susah makan. Dimana antara anak satu dengan yang lain kadang sebabnya berbeda. Untuk itu orang tua perlu mencari tahu mengapa anaknya begitu? Beberapa sebab utama kenapa anak susah makan, diantaranya adalah :

1. Bosan dengan menu makanan atau cara penyajiannya

Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Anak bosan dengan menu makanan yang ada

Menu makanan yang itu-itu saja akan membuat anak bosan serta malas untuk makan. Belum lagi cara cara penyajian makanan yang kurang menarik. Sama seperti orang dewasa, kalau kita makan dengan menu yang sama setiap hari dan disajikan semaunya, pasti akan menyebabkan malas makan.

2. Anak sedang sakit atau sedih

Anak Tidak Mau Makan
Anak sedang sakit atau sedih

Penyabab anak tidak mau makan dapat juga karena anak sedang sakit atau sedih. Kalau semula anak terlihat aktif, riang dan cerewet, namun kemudin ia tiba-tiba lebih suka diam dan terlihat malas-malasan, boleh jadi ia sedang sakit secara fisik atau suasana hatinya sedang kacau (sedih). Otomatis nafsu makannya pun hilang dan malas makan.

3. Kebanyakan jajan

Mengatasi Anak Susah Makan
Anak kebanyakan jajan


Anak-anak yang kebanyakan jajan akan malas untuk makan, karena mereka merasa sudah kenyang dengan jajanannya itu. Padahal hanya dengan jajanan, kecukupan gizi anak tidak bisa terpenuhi karena pada umumnya jajanan pilihan anak tidak memiliki nilai gizi.

Jika perut anak selalu kenyang oleh jajanan, otomatis nafsu makan makanan utama akan menurun sehingga anak pun menolak makan. Akibatnya, anak pun bisa kekurangan gizi. Selain itu jajanan anak yang dijual bebas di pasaran juga rawan dengan berbagai penyakit dan zat kimia berbahaya, untuk itulah sebaiknya hindari kebiasaan ini.

4. Pengaruh kebiasaan orangtuanya

agar anak mau makan
Pengaruh kebiasaan makan orangtuanya


Anak suka meniru apa yang dilakukan oleh anggota keluarga lainnya, terutama orangtuanya. Banyak perilaku yang dilakukan orangtuanya yang mempengaruhi perilaku makan anak. Misalnya anak yang tumbuh dalam lingkungan keluarga yang malas makan, misalnya diet, akan mengembangkan perilaku malas makan juga.

Perilaku lainnya, sering kita jumpai orang tua masih menyuapi anak yang sudah kelas 5 SD. Akibatnya anak tidak terlatih untuk bisa makan sendiri. Perilaku makan yang kurang tepat seperti kebiasaan orangtua ketika menenangkan anak yang sedang rewel dengan cara membelikan jajanan yang padat kalori (permen, minuman ringan, coklat, dsb.) Akibatnya anak kekenyangan dan malas makan.

AKIBAT ANAK SUSAH MAKAN


Menjadi harapan setiap orangtua bila anak-anaknya bisa tumbuh dan berkembang secara sehat, menjadi anak yang cerdas serta bahagia dengan asupan gizi yang cukup. Namun yang perlu disadari oleh para orangtua adalah bahwa setiap anak pasti tidak akan pernah luput dari fase sulit makan.

Beberapa hal yang menjadi faktor pemicu atau penyebab anak tidak mau makan diantaranya sudah dijelaskan diatas, selain itu juga biasanya dikarenakan faktor trauma dan masalah psikis. Apabila masalah sulit makan pada anak ini dibiarkan berlarut-larut tentu akan sangat berbahaya bagi si anak, karena akan menimbulkan berbagai dampak negatif seperti :

1. Kurang Gizi atau Malnutrisi
Salah satu akibat anak tidak mau makan atau susah makan adalah anak bisa mengalami kekurangan gizi. Hal ini biasanya dapat dilihat dari berat dan tinggi badan anak yang masih kurang dari normal.

2. Rentan Penyakit
Anak yang susah makan juga akan menjadi rentan terjangkit berbagai penyakit, karena kandungan nutrisi yang ada pada makanan seperti vitamin, protein dan kalsium yang berfungsi untuk menjaga imun tubuh akan berkurang jika anak sulit makan, bahkan resiko mudah terserang penyakit pun bisa terbawa sampai anak dewasa.

3. Menghambat Pertumbuhan
Kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanan akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak. Kurang makan juga berarti kurang nutrisi yang akan menghambat atau bahkan menghentikan proses tumbuh kembang anak, terutama pada aspek penambahan berat dan tinggi badan.

Pertumbuhan yang terhambat akan bisa memberi efek buruk permanen pada anak di usia 4 tahun, karena di usia tersebut merupakan usia emas atau puncak pertumbuhan anak. Ketika tidak ada atau kurangnya nutrisi yang masuk kedalam tubuh, tentu saja tubuh tidak dapat mensintesis dan mengolah nutrisi pertumbuhan secara cukup untuk meningkatkan berat dan tinggi badan anak.

4. Gangguan Makan

Anak yang susah makan akan beresiko terkena berbagai gangguan makan seperti binge eating disorder (makan berlebihan secara kompulsif) , bulimia, anoreksia serta muntah setelah makan yang biasanya dialami saat anak mulai beranjak dewasa.

5. Risiko Kematian
Gangguan makan yang terjadi seperti bulimia atau anoreksia akan berisiko kematian 3 kali lebih besar dibanding dengan penyebab lainnya, berbagai studi dan kasus anoreksia menunjukan bahwa angka kematian karena bulimia mencapai 5,2% dan anoreksia mencapai 3,9%.

CARA MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN


Tentunya anda tidak ingin si anak mengalami berbagai hal buruk seperti diatas bukan? Nah, setelah sebelumnya anda tahu beberapa penyebab dari anak yang susah untuk makan beserta akibat yang ditimbulkan, kini anda sudah bisa menilai sendiri kira-kira apa yang menjadi sebab si anak menjadi susah makan, jangan sampai anak-anak anda mengalami berbagai hal buruk seperti di atas tadi.

Beberapa solusi cara mengatasi anak susah makan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Kreatif mengolah dan menyajikan makanan

Solusi Anak Susah Makan
Penyajian makanan yang menarik


Salah satu trik atau cara agar anak mau makan yang dapat para orangtua lakukan adalah dengan membuat variasi menu makan anak. Tidak harus mahal yang penting menu bervariasi. Jadi tergantung kreativitas para ibu dalam memberikan makanan bervariasi. Contohnya kalau anak tidak mau makan nasi, mungkin bisa diganti dengan roti atau bakmi.

Penyajian yang menarik juga penting sekali. Ciptakanlah suasana makan yang menyenangkan dengan berbagai kreasi yang dapat anda lakukan, misalnya menghidangkan makanan dengan aneka bentuk dan wadah yang lucu dan menarik. Jika perlu cetak makanan dengan cetakan yang lucu dan unik.

2. Berkomunikasi secara baik dengan anak

tips anak susah makan
Mengajak anak untuk makan


Orangtua tidak akan memahami kondisi anaknya dengan baik, apakah anaknya sedang sakit ataupun sedih, kecuali dia menjalin komunikasi yang baik dengan anaknya. Jangan paksakan anak kalau mereka tidak mau makan. Pahamilah dulu apa yang terjadi pada mereka. Selanjutnya sesuaikan makanannya dengan kondisi mereka.

Yang jelas dan perlu diingat oleh para orangtua adalah seberapapun anak tidak mau atau susah makan, namun mereka tidak akan membiarkan dirinya kelaparan. Artinya, begitu mereka merasa lapar tentu akan makan juga.

3. Hentikan atau kurangi kebiasaan jajan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Kurangi kebiasaan jajan


Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan menghentikan atau mengurangi kebiasaan jajan. Sebagai ganti jajanan yang tidak sehat, orangtua bisa menyediakan berbagai makanan buatan sendiri yang sehat dan aman bagi anak-anak. Selain itu jadikan camilan itu sebagai menu selingan bukan makanan utama yang dikonsumsi sebelum mereka makan besar. Atur jarak dan porsinya sehingga ketika waktu makan tiba, mereka tidak kekenyangan camilan sehingga malas makan.


4. Contoh Orangtua

agar anak mau makan
Memberikan contoh kepada anak


Orangtua harus memberikan contoh kepada anak, bagaimana makanan yang baik dikonsumsi, serta cara makan yang baik. Apabila orangtua tidak makan (puasa) maka berikan penjelasan yang dapat dipahami oleh anak. Selain itu orangtua juga harus menjaga pola konsumtifnya sehingga anak tidak ikut-ikutan dengan pola perilaku jajan orangtuanya.


5. Jangan memaksa

Memaksa, mungkin itulah cara mengatasi anak susah makan yang sering dilakukan oleh para orangtua ketika mereka sudah mulai putus asa. Namun ternyata cara ini bukanlah cara yang efektif bahkan malah bisa memperparah keadaan dan membuat citra kita sebagai orangtua menjadi buruk dimata anak. Yang perlu orangtua lakukan adalah cobalah untuk tetap tenang jangan terbawa emosi, ketika anak tidak mau makan coba tanyakan kenapa mereka seperti itu, lalu tawarkan alternatif makanan lain yang dari segi gizi tidak jauh berbeda.

6. Jadikan saat makan menyenangkan

Cara mengatasi anak susah makan berikutnya yang bisa para orangtua lakukan adalah menjadikan saat makan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan, salah satu caranya adalah dengan cara yang pertama tadi. Atau kita juga bisa menggunakan alat makan yang khusus dan bentuknya menarik untuk memancing perhatian anak. Ingat jangan sekali-kali menakut-nakuti anak jika tidak mau makan, mengancam apalagi menghukum karena bisa menyebabkan terjadinya trauma psikologis.

7. Praktikkan pola makan teratur

Seperti halnya waktu tidur dan mandi, waktu makanpun harus dijadwal. Jadwalkan lah waktu makan anak secara teratur, agar anak terbiasa jadi ketika waktu makan tiba anak akan dengan sendirinya minta makan. 8. Beri anak camilan yang sehat Ketika anak sudah mulai bisa berjalan, biasanya akan membuat mereka lebih banyak bergerak dan sulit untuk diam dan kita sebagai orangtua tentu akan kesulitan untuk mengajaknya makan. Untuk mengatasinya maka bisa dengan memberinya camilan sehat dengan nilai gizi yang setara dengan makanan biasa. Berikan pula camilan yang beragam agar anak tidak bosan.

9. Variasi Menu

Agar anak mau makan cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menyediakan variasi makanan, jadi nantinya kita biarkan anak memilih makanan yang dia sukai untuk dimakan.

10. Sajikan dalam porsi kecil

Untuk para orangtua ketika menyajikan makanan untuk anak jangan berpikiran harus selalu menyajikan makanan yang lengkap dengan sayur, buah, susu atau yang lainnya dalam satu kali hidangan. Selera makan anak itu berbeda dengan orang dewasa, jadi alangkah baiknya untuk tanyakan dulu pada si anak apakah mau makan berbarengan atau satu per satu. Agar makanan yang kita sajikan bisa habis cobalah untuk menawarkan dalam porsi kecil dulu, baru setelah habis bisa ditambah lagi.

11. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan

Melibatkan anak dalam menyajikan makanan juga bisa menjadi cara mengatasi anak susah makan, kenapa? Karena dengan melibatkan anak akan bisa memberikan contoh yang baik, jadi ketika orangtua makan anak biasanya juga akan ikut makan. Hal ini juga akan membuat anak bisa lebih menghargai makanan yang dihidangkan.

12. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan

Memberikan minuman berupa jus atau susu memang sangat baik bagi anak, namun jangan terlalu sering melakukannya ketika anak sedang makan karena akan membuat perut cepat penuh sehingga anak akan lebih cepat kenyang dan mengakibatkan makanan yang ada tidak dihabiskan.

13. Jangan mengiming-imingi anak dengan makanan penutup sebagai hadiah

Untuk mengatasi anak yang susah makan jangan sekali-kali mengiming-imingi anak dengan makanan penutup sebagai hadiah, hal ini akan membuat anak berpikiran bahwa makanan penutup adalah makanan yang paling enak, karena makanan penutup manis bisa juga berakibat keinginan anak untuk makan makanan yang manis menjadi meningkat. Kalau ingin memberikan makanan penutup berikanlah hanya 2 minggu 2 kali, untuk minggu berikutnya tidak diberikan.

14. Memberinya Natural Royal Honey Super Kids

Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Madu Kids

Salah satu cara untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan memberinya Natural Royal Honey Super Kids. Apa itu Natural Royal Honey Super Kids? Natural Royal Honey Super Kids merupakan suplemen madu murni produksi PT. Natural Nusantara atau NASA yang dihasilkan secara alami oleh lebar dari nektar dan diperkaya dengan Royal Jelly, Bee Pollen, EPA & DHA, Propolis dan Curcuma.

Madu Anak Natural Honey Super Kids adalah nutrisi lengkap dengan kandungan protein, karbohidrat, vitamin, mineral, asam organik, anti bakteri, anti alergi, anti Linflamatory dan expectorant yang bisa meningkatkan dan menjaga sel tubuh dari serangan bakteri dan bibit penyakit.

Dengan memberi anak Natural Royal Honey Super Kids maka akan menjadikannya lebih lahap makan, dan orangtua tak perlu khawatir lagi dengan masalah anak susah makan, karena akan teratasi dengan Natural Royal Honey Super Kids.

Selain bisa mengatasi anak yang susah makan, madu ini juga memiliki banyak manfaat lain yang sangat berguna bagi perkembangan dan kecerdasan si kecil. Berikut adalah manfaat madu royal honey nasa lainnya :

  • Sebagai sumber vitamin yang lengkap bagi anak
Madu mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan saat pertumbuhan anak, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat. Vitamin-vitamin tersebut merupakan vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Kandungan vitamin tersebut dapat diserap dengan mudah oleh tubuh selama satu jam setelah mengkonsumsi Natural Royal Honey Super Kids. Hal tersebut berbeda dengan vitamin pada makanan lain yang lebih lambat proses penyerapannya.

  • Dapat menyembuhkan batuk anak
Madu memiliki efek seperti obat dengan kandungan dekstrometorfana yang berfungsi meredakan batuk pada malam hari, sehingga anak dapat tidur dan istirahat lebih lelap.

  • Memperkuat sel darah putih
Disini madu juga berperan sebagai antibiotik. Jika minum madu secara teratur setiap hari, maka dapat memperkuat sel darah putih yang berperan membunuh bakteri serta penyakit penyebab virus. Secara spesifik, konsumsi madu kental dapat memperlambat bahkan menghentikan pertumbuhan bakteri candida alba. Sedangkan madu yang encer 40% dapat menjadi pembunuh bakteri, bakteri-bakteri yang dapat dibunuh oleh madu yaitu E.coli, vibrio cholera penyebab penyakit kolera, dan salmonella shigela.

  • Baik untuk pencernaan anak
Anak-anak biasanya belum bisa mengutamakan kebersihan, mereka sering tak acuh terhadap kebersihan tangan mereka ketika memegang makanan. Sehingga sering ditemukan anak-anak yang mengalami masalah dengan pencernaannya. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan madu. Karena madu memiliki beberapa bakteri ramah yang berfungsi untuk membunuh bakteri jahat di dalam usus.

  • Memicu pertumbuhan otak anak
Pada masa anak-anak, otak sedang mengalami perkembangan. Bantu perkembangan otak pada anak lebih optimal dengan menggunakan madu. Berikan satu sendok makan Natural Royal Honey Super Kids sebelum tidur. Hal ini akan lebih meningkatkan fungsi kinerja otak semalaman pada saat anak sedang tidur.


  • Membantu pertumbuhan anak
Tidak dipungkiri lagi bahwa madu dapat membantu pertumbuhan anak secara maksimal. Madu mengandung banyak zat besi dan tembaga (Cu). Asupan zat besi dan Cu yang cukup akan membantu proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

Ternyata banyak sekali manfaatnya untuk anak bukan? Jadi tunggu apalagi segera beri anak anda Natural Royal Honey Super Kids dari Nasa, biar lebih lahap makannya, sehat dan cerdas pastinya. Semua manfaat diatas bisa anda dapatkan hanya dengan Rp. 60.000 saja, bayangkan hanya dengan uang segitu Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang melimpah untuk perkembangan anak Anda. So pesan Natural Royal Honey Super Kids sekarang juga!

Natural Royal Honey Super Kids

Untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kontak Distributor Resmi Nasa berikut ini : 
  • SMS/WA : 0821-3762-0507

Untuk para orangtua perlu diingat, jangan sekali-kali mengiming-imingi anak dengan jajan sebagai jalan pintas pereda kerewelan mereka. Hal itu justru akan menjadi senjata pamungkas anak-anak untuk rewel dalam rangka mendapatkan jajan.

Selain itu anda juga bisa melakukan atau meniru beberapa tips dari para orangtua dan dokter dalam mengatasi anak susah makan yang ada di video berikut ini :



Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi anak susah makan yang harus para orangtua ketahui, semoga bermanfaat untuk Anda para orangtua yang sedang kesulitan dalam mengatasi sang buah hati yang susah untuk makan, jangan lupa juga untuk selalu mengiringi setiap usaha yang anda lakukan dengan doa.

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Featured Post

18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak - Memberikan pendidikan terbaik bagi anak adalah tugas...