Yang Harus Dilakukan Bila Bayi Sakit Perut




Bayi Sakit Perut

Yang Harus Dilakukan Bila Bayi Sakit Perut - Bayi yang baru dilahirkan hingga berumur 5 bulan biasanya rentan sekali terkena penyakit-penyakit ringan seperti flu, sembelit dan sakit perut. Tentu saja perawatan flu, sembelit dan sakit perut (diare) pada bayi akan sangat berbeda dengan perawatan yang dilakukan pada orang dewasa pada umumnya. Si bayi yang masih sangat rentan akan apapun tidak boleh diberikan obat sembarangan karena dikhawatirkan akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembang si bayi.

Oleh karena itu, sebagai orang tua yang cerdas, si ibu harus mampu mengatasi masalah ini tanpa mengandalkan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran agar si bayi bisa tetap sehat dan sembuh secara normal. Untungnya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan jika bayi atau balita sakit perut tanpa harus meminumkan obat-obatan yang berbahaya kepada si bayi.

Yang harus diketahui oleh orang tua adalah bagaimana sakit perut itu bisa terjadi pada bayi. Pastinya, penyakit perut bisa bersumber dari dalam perut ataupun dari luar perut si bayu. Terkadang, penyakit perut pada bayi ini dihubung-hubungkan dengan kolik tetapi belum tentu juga bahwa ini adalah gejala dari penyakit kolik yang sering menyerang bayi.

Oleh karena itu, untuk memberikan perawatan dan penanganan yang tepat kepada bayi yang sedang sakit perut, terlebih dahulu si orang tua harus tahu gejala-gejala yang terjadi kepada bayi agar orang tua bisa tau cara menangani dan mengatasinya dan tau langkah-langkah yang tepat dan aman untuk menghilangkan sakit perut pada bayi, dan tentunya agar anda juga tidak melakukan kesalahan dalam penanganannya nantinya. Selain itu, penanganan dan perawatang yang tanggap juga harus dilakukan dengan cepat agar si bayi tidak terlalu lama menahan rasa sakit nantinya.

Biasanya gejala-gejala yang terjadi bisa dilihat dengan kasat mata pada bayi, salah satunya adalah ketika si bayi menangis keras. Biasanya, ketika bayi sudah mulai menangis dengan keras dan tidak wajar, ini menjadi salah satu ciri mungkin si bayi sedang kesakitan akan sesuatu, dan kemungkinan besar itu adalah sakit perut. Oleh karena itu, orang tua juga harus cermat dan teliti akan perbedaan tangisan si bayi agar penanganan yang cepat dan tanggap dapat dilakukan dengan sangat baik nantinya.

Ketika orang tua mendengar bayi sudah mulai menangis keras, maka kemungkinan yang terjadi adalah adanya ketegangan otot dalam perutnya. Bila kemungkinan ini terjadi, maka yang perlu dilakukan adalah dengan menggoyang-goyangkan tubuh bayi dengan lembut. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit pada bayi akibat sakit perut sehingga si bayi akan bisa tenang dan sakit perut yang dia rasakan akan bisa berkurang.

Selain itu, sakit perut pada bayi juga bisa disebabkan oleh penyakit kolik yang diderita bayi. Penyakit kolik ini biasanya disebabkan karena adanya ketegangan dalam perut bayi. Cara yang paling mudah untuk meredakan penyakit bayi ini adalah orang tua harus menenangkan si bayi terlebih dahulu agar tidak menangis, kemudian mencoba memberikan obat yang aman padanya agar dia tidak sakit lagi. Tentu saja obat yang diminumkan pada bayi terlebih dahulu harus dikonsultasikan kepada dokter agar tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Sakit perut pada bayi juga bisa disebabkan karena susu formula yang dia minum. Ya, pemilihan susu formula yang asal-asalan akan sangat mungkin menyebabkan sakit perut pada si bayi. Oleh karena itu, orang tua juga harus pandai-pandai memilih susu formula apa yang kiranya tepat untuk diberikan kepada si bayi agar si bayi tidak mengalami sakit yang terus-menerus diperut mereka. Jika ini keluhannya, maka orang tua harus segera membawa si bayi ke dokter, terlebih jika si bayi menangis terus-menerus selama lebih dari 2 jam.

Tag : Bayi
1 Komentar untuk "Yang Harus Dilakukan Bila Bayi Sakit Perut"

terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami
di http://blackwaletcare.com/sabun-muka-pembersih-komedo/

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top