Para Orangtua Wajib Baca: Tips Memilih Nama Bayi yang Bagus




Tips Memilih Nama Bayi yang Bagus

Tips Memilih Nama Bayi yang Bagus - Nama merupakan sebuah hal penting bagi setiap orang di dunia ini. Hal ini karena nama adalah salah satu bagian dari identitas kita. Tanpa adanya nama, tentunya kita sulit membedakan atau mendeskripsikan orang atau benda yang kita temui atau kita kenal. Selain itu, bagi para orang tua yang sedang menunggu kelahiran putra atau putri mereka, nama menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi mereka. Untuk mereka, nama tidak sekedar bagaimana mereka akan memanggil bayi mereka nanti. Bagi mereka, dan bagi setiap orang tua yang sedang menantikan kelahiran anak mereka, nama menjadi sebuah doa atau pengharapan bagi sang buah hati mereka.

Untuk itu, banyak para orang tua yang sibuk untuk memilih nama bayi dengan harapan doa yang mereka bersitkan lewat nama sang buah hati mereka akan menjadi kenyataan. Namun, memilih nama bukanlah sesuatu yang gampang. Nama seseorang harus diperhatikan dengan cermat karena nama tidak bisa digonta-ganti dengan seenak hati. Sekali nama itu diletakkan pada bayi anda nanti, maka sebaiknya nama tersebut harus tetap melekat pada bayi tersebut hingga dia tua dan meninggal nanti.

Untuk itu, bagi anda para orang tua yang sedang sibuk untuk memilih nama yang tepat bagi calon putra atau putri anda, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memilih atau memberi nama anak anda sehingga diharapkan akan lebih memudahkan anda untuk mencari nama bayi yang bagus dan tepat dengan tanpa mengurangi doa dan harapan anda.

1. Memasukan Kata Doa dan Harapan

Yang pertama kali yang harus anda perhatikan dalam memilih nama bayi anda adalah memasukannya dengan kata doa dan harapan. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, nama bayi anda adalah doa dan harapan yang anda harapkan bisa terwujud pada masa depan sang anak. Untuk itu, nama yang anda berikan kepada sang buah hati anda hendaknya berisi doa dan harapan sehingga sang anak akan tumbuh dewasa dengan doa dan harapan yang telah anda panjatkan.

Doa dan harapan yang anda panjatkan lewat sang anak bisa berupa doa apapun dengan bahasa apapun. Jika anda seorang Muslim contohnya, sah saja jika anda memasukkan bahasa Arab yang berarti doa pada sang anak. Misalkan, jika anda berharap agar anak anda nantinya menjadi penghafal Al Qur’an, maka anda bisa memberi nama anak anda dengan sebutan Hafiz, Hafid jika laki laki atau Hafida jika anak anda adalah seorang perempuan. Jika anda adalah seorang Kristiani, maka tentunya nama-nama yang bernafaskan Kristen dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda. Sebagai contoh, anda bisa memberikan tambahan Christiani untuk menandakan bahwa dia adalah seorang penganut Kristiani yang patuh pada perintah agama.

2. Mudah Dibaca dan Tidak Menimbulkan Arti yang Jelek

Selain doa, hendaknya nama anak anda haruslah nama yang ejaannya mudah dibaca dan tidak menimbulkan arti yang jelek atau ambigu. Sebagai contoh, nama Siti Koesnari mungkin terlihat cantik karena nama Siti berarti wanita. Istri Rasul pun bernama depan Siti. Namun, ketika nama ini digabung dengan Koesnari, nama ini akan menjadi sedikit ambigu. Ketika anda perhatikan, pelafalannya bisa seperti Si Tikus Nari. Hal ini tentunya akan menjadi sebuah aib baik bagi anda maupun anak anda nantinya.

Oleh karena itu, hendaknya saat memberikan nama, pelafalan dan ambiguitas dari nama anak anda juga harus diperhatikan. Tentukan nama yang hanya berarti satu, atau jika ada beberapa arti kata sebuah nama, hendaknya seluruh namanya dapat berarti baik walaupun dilihat dari berbagai macam sudut bahasa dan kultur sehingga nantinya nama ini juga bisa menjadi doa.

3. Memberi Nama Anak Sesuai Hari atau Bulan Lahirnya

Kemudian, saat memberikan nama kepada sang buah hati anda, anda bisa memberikan nama yang sesuai dengan hari lahirnya. Misalkan anak anda lahir pada bulan ramadhan, maka anda bisa menambahkan nama ramadhan atau ramadhani atau apabila bertepatan dengan hari Natal dan kebetulan anda adalah penganut agama Kristen, maka, nama yang bernafaskan Kristen dan Natal bisa menjadi ide yang tepat bagi nama anak anda. Hal ini akan sekaligus menjadi pengingat bahwa anak anda lahir tepat dengan hari natal, hari kelahiran Tuhan yang juga diharapkan menjadi doa. Jika anak anda lahir pada hari natal atau disekitar hari natal, anda bisa menambahkan nama seperti Natalia Kristina yang berarti seorang nasrani yang lahir pada hari natal. Hal ini tentunya bisa menjadi ide yang bisa anda terapkan.

Contoh lain misalkan anak anda lahir pada hari Valentine. Baik lelaki maupun perempuan, hari valentine bisa menjadi ide yang bisa diaplikasikan. Contohnya, anda bisa memberikan nama Valentino Febri. Nama ini bagus menjadi salah satu ide yang bisa anda aplikasikan kepada anak anda. Nama tersebut bisa menjadi penanda bahwa anak anda lahir pada bulan Februari yang berdekatan atau tepat pada hari valentine. Kalau dihubungkan dengan doa, hari valentine yang namanya anda abadikan pada nama anak anda adalah suatu hari yang penuh dengan cinta. Berarti, anda berharap bahwa kelak ketika anak anda tumbuh menjadi dewasa, dia akan menjadi anak yang penuh dengan cinta terhadap sesamanya.

4. Memberi Nama Anak Dengan Nama Tokoh Terkenal atau Idola

Jika anda mengidolakan suatu tokoh terkenal, tentunya anda mempunyai keinginan agar anak anda bisa menjadi seperti tokoh idola anda. Banyak para orang tua yang memberikan nama anak anak mereka dengan nama pemain sepak bola atau olahragawan idola mereka dengan harapan ketika mereka tumbuh dewasa nanti, mereka akan tumbuh menjadi seseorang yang sehat dan menjadi olahragawan.

Bagi mereka yang lebih mengidolakan orang pintar, mereka akan lebih cenderung memberi nama anak mereka dengan referensi kepada para orang pintar yang telah memberikan banyak jasa bagi dunia pendidikan atau ilmu pengetahuan seperti Nicholas Tesla dan sebagainya. Jika dikaitkan dengan poin pertama dalam pemberian nama, tentunya nama-nama anak yang diberikan dengan menggunakan nama nama orang terkenal bisa menjadi doa tersendiri.

5. Mudah Ditulis dan Diucapkan

Hal yang terakhir yang harus diperhatikan pada saat anda memberikan nama bagi anak anda adalah anda harus memastikan bahwa nama yang anda berikan bisa mudah untuk ditulis dan diucapkan. Hal ini memang terlihat sepele, namun, nama merupakan hal yang sangat krusial. Penulisan nama yang salah eja satu huruf saja akan berakibat sangat fatal apabila berkaitan dengan hal yang bersinggungan dengan birokrasi atau hukum. Maka dari itu, ketika anda sedang memilih nama bagi calon bayi anda, usahakan sebisa mungkin namanya bisa dieja dengan mudah dan dapat diucapkan dengan mudah pula.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat anda memberikan nama bagi calon buah hati atau anak anda. Sekarang, anda tidak perlu bingung lagi ketika anda harus memilih nama. Hanya saja, pastikan bahwa nama buah hati anda nantinya harus mengandung doa, mempunyai makna yang bagus, dapat melambangkan sesuatu event dan dapat bisa dengan mudah untuk diucapkan. Semoga artikel tentang tips memilih nama bayi yang bagus ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Jangan lupa untuk membaca artikel seputar bayi lainnya di blog ini seperti diantaranya mengenai :
Terima kasih.

Tag : Bayi
0 Komentar untuk "Para Orangtua Wajib Baca: Tips Memilih Nama Bayi yang Bagus"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top