Cara Melakukan Perlindungan Anak Dari Bahaya Asap Rokok




bahaya asap rokok bagi bayi

Cara Melakukan Perlindungan Anak Dari Bahaya Asap Rokok - Jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda merokok dan Anda memiliki bayi serta anak-anak, maka penting untuk memastikan bahwa mereka bukan perokok pasif atau penerima asap rokok pasif. Karena asap rokok secara ilmiah berkorelasi dengan berbagai penyakit dari asma hingga kanker, penyakit jantung dan bahkan lebih merusak bagi anak-anak yang paru-paru dan sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang.

Lalu bagaimana cara melakukan perlindungan anak dari bahaya asap rokok? Berikut adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk melindungi anak dari bahaya asap rokok :

1. Berhenti merokok.
Jika Anda atau ada orang lain yang merokok di rumah Anda, cara yang paling efektif untuk mencegah kerusakan pada anak-anak adalah berhenti (atau membujuk perokok untuk berhenti) sesegera mungkin. Ini adalah kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan tapi lihatlah sisi manfaat yang Anda dapatkan ketika anda menghentikan aktifitas tersebut :

2. Merokok di luar ruangan.
Buatlah aturan untuk tidak pernah merokok di dalam rumah dalam kondisi apapun. Merokok dalam ruangan sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga dan siapa pun yang berada di dekat perokok tersebut merupakan target dari bahan kimia karsinogenik yang terkandung dalam Asap rokok. Partikel kimia juga jatuh ke sofa atau perabot rumah tangga lainnya, dan dinding, akan terus memancarkan bahan kimia yang berpotensi merusak walaupun setelah rokok tersebut dipadamkan, belum lagi bau basi asap tembakau.

3. Jangan merokok di dalam mobil.
Jangan pernah menganggap bahwa tidak apa-apa jika merokok di dalam mobil ketika Anda memiliki anak-anak, bahkan ketika anak-anak Anda tidak berada dalam mobil dengan Anda, karena residu asap lingers dan gas setiap kali anak-anak berada di dalam mobil.

4. Mintalah tamu untuk merokok diluar.
Rumah anda adalah milik Anda dan Anda memiliki hak untuk menjaga lingkungan rumah anda yang bebas asap rokok. Sopan namun tegas dan membiarkan tamu tahu bahwa hal ini demi kebaikan anak-anak anda. Namun terkadang hal ini sulit dilakukan karena terkadang kita merasa tidak enak atau gimana, kalau memang seperti itu sebisa mungkin untuk menjauhkan anak dari area yang terdapat asap rokok tersebut.

5. Jauhkan anak-anak dari tempat-tempat umum di mana kegiatan merokok terkonsentrasi.
Misalnya di Smoking room, di keramaian yang terdapat banyak perokok dan tempat-tempat lainnya

6. Mintalah pengasuh anak untuk tidak merokok.
Ini bisa sulit, terutama jika Anda meminta kakek-nenek atau teman untuk mengasuh, tetapi Anda harus bersikap tegas demi kesehatan anak-anak Anda.

7. Membuat aturan alternatif.
Jika Anda bekerja atau mengikuti hobi di tempat yang memungkinkan merokok, dan Anda perlu untuk membawa anak Anda ada untuk setiap jumlah waktu, pastikan bahwa anak Anda tidak terpapar asap dari orang lain dalam lingkungan ini. Jika Anda tidak bisa mengelola ini, membuat pengaturan alternatif.

Itu tadi adalah 7 cara melakukan perlindungan anak dari bahaya asap rokok yang bisa anda lakukan. Sehingga diharapkan anak-anak akan terbebas dari penyakit dan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh asap rokok.

Semoga bermanfaat.

Tag : Parenting
0 Komentar untuk "Cara Melakukan Perlindungan Anak Dari Bahaya Asap Rokok"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top