Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih untuk Bayi




Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih untuk Bayi - Bawang merah dan bawang putih yang selama ini kita kenal hanyalah sebagai pelengkap bumbu dapur yang menyedapkan setiap sajian makanan ternyata merupakan tanaman yang sering dijadikan sebagai ramuan yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Tak hanya bermanfaat mengatasi berbagai penyakit atau keluhan yang dialami oleh orang dewasa, namun bawang putih dan bawang merah juga bermanfaat dalam tata laksana perawatan bayi.

Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih untuk Bayi

Kondisi bayi yang berada pada tahap awal kehidupannya seringkali rentan terhadap penyakit sehingga makanan, minuman bahkan perawatan sehari-hari seharusnya menjadi perhatian. Penggunaan obat-obatan herbal seperti yang terkandung dalam bawang merah dan bawang putih, patut menjadi satu pilihan untuk mengurangi asupan bahan kimiawi yang tentunya akan merugikan bagi tubuh bayi bila digunakan dalam jumlah yang cukup besar karena penggunaan rutin dari waktu ke waktu.

Mengapa disebut besar dalam penggunaan bahan kimiawi? Yah, karena bila kita menemui si kecil panas demam, kita selalu tergantung pada obat-obatan buatan pabrik sebagai penurun panas. Keluhan serupa dan terjadi beberapa kali dalam periode emasnya tentunya menjadi satu tantangan bagi orangtua untuk tidak menggunakan obat pabrik dan memilih penggunaan bahan herbal sebagai obat bagi si kecil.

Berbagai manfaat bawang merah dan bawang putih yang selama ini kita ketahui hanya sebagai penunggu dapur ternyata memiliki kandungan zat-zat positif seperti kalsium, saltivin, sulfur, fosfor, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Adapun berbagai manfaat bawang putih dan bawang merah yang diperuntukkan bagi bayi adalah :

  • Parutan bawang putih dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti luka, iritasi, memar, dan penyakit herpes (karena bawang putih dapat membunuh virus herpes).
  • Bawang putih yang memiliki kandungan vitamin A sangat baik bagi perkembangan organ mata sang bayi.
  • Bawang putih dapat berperan sebagai antibakteri dan antibiotik, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
  • Bawang putih membantu kerja usus bayi sehingga metabolisme pencernaan dalam lambung menjadi lancar dan kesehatan lambung dapat terjaga.

Itu tadi adalah beberapa khasiat dari bawang putih yang bisa anda dapatkan. Jadi mulai sekarang untuk para ibu bisa mulai mempertimbangkan dan mengenalkan bawang putih ini pada si bayi dengan cara menambahkan sedikit bawang putih kedalam bubur bayi atau makanan lain yang dikonsumsi bayi.

Untuk bawang merah sendiri juga memiliki banyak kandungan zat penting seperti fosfor, niacin, vitamin C, enzim alinase, minyak atsiri, asam fenol, sulfur, kalsium dan pektin. Zat-zat tersebut mampu memberikan manfaat positif bagi bayi. Manfaat bawang merah untuk bayi yaitu:

  • Parutan bawang merah dapat menurunkan pada bayi. Parutan atau bawang merah yang diiris tipis dicampur dengan minyak zaitun dan minyak telon, dioleskan pada seluruh permukaan tubuh bayi yang terkena demam.
  • Untuk mengatasi perut kembung dan masuk angin pada bayi yaitu dengan cara mengoleskan bawang merah yang telah dihaluskan pada perut bayi. Tindakan ini dapat dilakukan karena kandungan minyak atsiri yang dimiliki bawang merah sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dan menghangatkan suhu tubuh bayi.
  • Kandungan antiseptik yang dimiliki bawang merah dapat digunakan untuk mengatasi keluhan yang sering menimpa bayi seperti batuk, pilek, dan cacingan.

Setelah diketahui manfaat atau khasiat bawang merah dan bawang putih yang sangat positif bagi bayi, maka tidak ada salahnya bagi ibu mencoba beralih ke ramuan tradisional untuk perawatan bayi. Kembali ke alam dan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber herbal bagi putra putri kita tak ada ruginya kan?

Tag : Bayi, Kesehatan
0 Komentar untuk "Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih untuk Bayi"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top