Cara Menurunkan Demam Pada Anak Dengan Wortel




Cara Menurunkan Demam Pada Anak Dengan Wortel - Selama ini yang kita ketahui mengenai wortel adalah salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Namun hampir sebagian besar belum menyadari jika ada cara efektif untuk mengatasi demam pada anak yaitu dengan wortel. Sejauh ini selain kandungan vitamin A – nya yang tinggi dan baik untuk mata, yang kita ketahui tentang wortel adalah sayuran berwarna orange dan disukai oleh kelinci kesayangan kita.

Cara Menurunkan Demam Pada Anak Dengan Wortel

Kalau pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai penyebab demam pada anak, maka sesuai janji saya maka pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara menurunkan demam pada anak secara alami yaitu dengan wortel. Demam memang bukanlah penyakit yang patut ditakuti, bisa dibilang justru ini bukanlah sebuah penyakit namun hanyalah sebuah tanda awal yang diberikan oleh tubuh untuk memberi tahu bahwa kondisinya sedang memburuk. Ketika virus atau bakteri yang menyebabkan tubuh kita jatuh sakit menyerang sistem imunitas kita, salah satu cara yang dilakukan oleh tubuh untuk menghambat pertumbuhan virus dan bakteri tersebut adalah dengan naiknya suhu tubuh. Keadaan inilah yang kemudian dikenal sebagai demam.

Reaksi tersebut juga yang muncul ketika imunitas anak kita sedang terserang virus ataupun bakteri. Secara spontan, suhu tubuh anak akan lebih tinggi dan panas dari biasanya. Ketika anak terserang demam, yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Gelisah justru akan membuat anak anda menjadi rewel dan anda akan merasa kesulitan mengambil tindakan. Jika sebelumnya anda terbiasa dengan pemberian parasetamol ataupun ibuprofen pada anak yang terkena demam, sebaiknya mulai hari ini anda mengganti kebiasaan anda.

Yang terbaik tetaplah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Salah satu cara terbaik untuk mengobati demam anak yaitu memberikan cairan wortel. Jangan lupa setelah memberikan cairan wortel ini, biarkan anak untuk beristirahat dalam waktu yang cukup dengan tujuan agar khasiat alami yang terkandung dalam wortel bisa diserap secara optimal oleh tubuh sehingga demam akan segera teratasi.

Berikut ini adalah cara mengatasi demam pada anak dengan wortel.


Persiapkan 200 gram wortel, pilihlah yang segar dan berkualitas baik. Kemudian cuci bersih wortel tersebut dan hilangkan kotoran dari kulitnya. Setelah wortel dipastikan sudah bersih, kemudian parut atau haluskan dengan blender wortel tersebut hingga anda bisa memerasnya dan mendapatkan saripati wortel itu. Lalu, rebuslah saripati wortel dengan ditambahkan ¾ gelas air putih. Rebus hingga mendidih dan berikan ramuan tersebut selagi hangat. Ramuan wortel ini sangat baik dan cocok untuk anak mulai usia 2 hingga 5 tahun, dengan dosis 2x sehari, ¼ gelas setiap kali minum. Berikan sedikit demi sedikit agar khasiatnya lebih cepat terasa.

Bila demam yang terjadi pada anak disebabkan karena diare, anda juga bisa memberikan cairan rebusan wortel kepadanya. Untuk mengatasi hal ini, caranya jauh lebih mudah dari yang sebelumnya. Anda cukup memotong wortel kecil-kecil secukupnya. Lalu rebuslah potongan wortel itu selama 8 hingga 10 menit. Kemudian saring airnya saja dan segera berikan pada anak anda.

Wortel memang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit karena ia merupakan salah satu jenis sayuran yang diperkaya dengan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan mengandung zat antibacterial. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan cairan yang masuk pada tubuh anak anda dalam pemulihan kondisi pasca demam. Oleh karenanya selain minum ramuan wortel, berikanlah banyak air putih pada anak anda untuk menjaga metabolisme tubuhnya.

Bila anda memiliki asma, wortel juga cukup manjur untuk mengatasinya. Caranya pun mudah. Kukuslah 2 hingga 3 buah wortel, kemudian makanlah wortel yang telah dikukus tersebut dan minumlah air hangat setelahnya. Nah, silakan mencoba cara menurunkan demam pada anak dengan wortel, semoga anak anda bisa segera lekas sembuh.

0 Komentar untuk "Cara Menurunkan Demam Pada Anak Dengan Wortel"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top