Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi




Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Artikel Keluarga & Kesehatan : Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi - Ketika buah hati kita mengalami ganggungan dalam perkembangannya, maka tak disangkal lagi setiap orangtua terutama para ibu akan mengalami kecemasan yang berlebihan. Padahal jika kita mampu mengatasi kecemasan tersebut akan lebih mudah bagi kita menemukan solusinya.

Lalu gangguan atau penyakit apa lagi sih yang kerap datang pada usia bayi selain batuk pilek dan demam? Ya, salah satunya adalah sembelit. Sebenarnya apa sih sembelit itu? Terus apa saja penyebab dan bagaimana cara kita menghadapinya? Berikut adalah penjelasan singkat penyebab dan cara mengatasi sembelit pada bayi, silahkan disimak dengan baik, semoga bermanfaat.

Sembelit adalah kelainan yang terjadi pada bagian pencernaan sehingga berakibat kotoran mengeras dan sulit buang air besar. Akibat kotoran yang tidak bisa keluar membuat perut akan terasa sakit melilit.

Jika hal tersebut terjadi pada orang dewasa mungkin akan mudah mengatasinya, lalu bagaimana jika terjadi sembelit pada bayi? Tak perlu cemas atau khawatir, ada baiknya sebelum semua itu terjadi, para ibu wajib menambah pengetahuan dengan mencari tahu penyebab dan cara mengatasi sembelit pada bayi.

Pada umumnya bayi yang baru lahir akan mengalami buang air besar sebanyak 4 kali dalam sehari. Hal tersebut akan berlangsung hingga bayi berusia 7 hari. Jika bayi yang masih mengalami masa ASI eksklusif tidak mengalami BAB dalam kurun waktu satu minggu, maka masih bisa dikatakan normal karena ASI merupakan salah satu asupan makan yang mudah dicerna oleh bayi, bahkan jangan cemas ketika lewat satu minggu bayi tidak BAB, lalu ketika mengalami BAB, feses/kotorannya tidak mengeras atau cair. Kejadian seperti itupun juga memberi arti bahwa sebagian besar asupan ASI terserap dengan baik oleh bayi.

Para ibu boleh merasa khawatir bahkan wajib membawa bayi atau anak dibawah usia 2 tahun ke dokter ketika hingga 2 minggu bahkan lebih bayi tidak bisa BAB dan bisa dikatakan telah mengalami sembelit. Dan berikut ini adalah situasi gawat yang wajib diketahui oleh para ibu ketika bayi mengalami sembelit :

  1. Ketika dalam waktu 24 jam dari kelahiran bayi tidak mengalami BAB
  2. Terjadi demam
  3. Terdapat darah dalam feses
  4. Berat badan sulit naik

Penyebab umum yang memicu terjadinya sembelit pada bayi :
  • Bayi kekurangan cairan atau kurang minum. Karena terjadi metabolisme yang tinggi membuat bayi akan banyak mengeluarkan cairan melalui keringat atau kencing. Oleh sebab itu para ibu harus rajin memberikan asupan cairan atau air minum sesuai waktu yang ditentukan.
  • Pemberian vitamin yang mengandung mineral zat besi akan membuat feses bayi membentuk seperti kotoran kambing, jika hal ini terjadi, coba konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai pemberian vitamin tersebut.
  • Pada bayi yang telah menerima asupan makanan di luar dari ASI, wajib diselingi dengan pemberian makanan buah-buahan seperti pepaya atau buah pir. Karena sembelit kerap terjadi yang disebabkan oleh sisa pembuangan protein yang didapat melalui makanan berupa kacang-kacangan (nabati) atau hewani, sehingga bayi membutuhkan cairan lebih banyak dalam pencernaannya.

Sembelit bisa diatasi dengan cara berikut ini :
  • Ibu mengkonsumsi obat pencahar alami seperti mengkonsumsi buah pepaya atau jus buah pir dan meminum air mineral lebih banyak. Karena dengan begitu Bayi akan menyerap makanan dan mineral tersebut melalui ASI yang diterimanya.
  • Perhatikan asupan makanan padat yang diberikan sebagai makanan pendamping ASI, karena pencernaan bayi yang belum bisa bekerja secara optimal maka ada jenis makanan-makanan tertentu yang tidak cocok seperti buah pisang yang belum terlalu matang dan empuk.
  • Lakukan pemijatan lembut pada perut bayi searah jarum jam dengan menggunakan jari. Mandikan dengan air hangat karena hawa panas yang dihasilkan dapat melancarkan pencernaan.

Melalui informasi diatas kiranya mampu membantu para ibu sedikit lebih tahu mengenai Penyebab dan cara mengatasi sembelit pada bayi sehingga tak lagi merasa cemas ketika bayi mengalami sembelit.

Tag : Bayi
0 Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top