Cara Menghadapi Orang Tua Yang Egois Menurut Islam




Cara Menghadapi Orang Tua Yang Egois Menurut Islam
Orang tua egois

Cara Menghadapi Orang Tua Yang Egois Menurut Islam - Terkadang sebagai anak mungkin kita sering merasa diperlakukan tidak adil oleh orang tua baik itu ayah maupun ibu, ini itu dilarang dan mereka seperti maunya menang sendiri atau EGOIS. Seperti misalnya ketika kita ingin memilih sekolah ini tapi orangtua mengharuskan ke sekolah itu atau dalam hal pernikahan, ketika kita ingin menikah dengan pasangan pilihan kita tetapi orangtua memaksa untuk menikah dengan pasangan pilihan mereka dan masih banyak contoh yang lainnya. Sangat menjengkelkan memang dan rasanya pasti ingin memberontak.

Namun satu hal yang perlu anda sadari adalah bahwa mereka merupakan orang tua kandung anda yang telah melahirkan, membesarkan serta mendidik anda sampai seperti sekarang ini. Jadi sudah menjadi kewajiban kita sebagai anak untuk selalu menghormati dan berbakti kepada orang tua.

Apalagi islam sendiri sudah menjelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Isra' ayat 23 yang artinya :

"Dan Rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu tidak menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah', janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia."
Bukan hanya dalam Al-Qur'an, dalam hadits Rasulullah shallallahu 'alaih wa sallam pun banyak yang menjelaskan hal tersebut seperti HR. Bukhari & Muslim yang menyatakan bahwa :
"Amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt adalah Shalat pada waktunya, Berbakti kepada kedua orang tua, dan Jihad di jalan Allah SWT."
Serta HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah yang berbunyi :
"Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya."

Terkait sifat orang tua yang mungkin kita rasa egois atau maunya menang sendiri, kita tidak boleh langsung menilai hal tersebut secara semena-mana hanya dari satu sisi saja, kita harus benar-benar tahu apa maksud dan tujuan orang tua melakukan hal tersebut. Karena saya yakin jika setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik bagi anaknya.

Apakah anda tetap akan menilai orang tua egois jika mereka mengarahkan kita ke hal-hal yang baik? Walaupun memang terkadang dalam cara penyampaiannya yang berbeda dengan cara pemahaman kita sehingga sering terjadi kesalahpahaman, disinilah perlu adanya komunikasi yang baik antara anak dan orangtua. Jadi ketika ada masalah cobalah untuk merundingkannya secara baik-baik dengan kepala dingin.

Ciri-ciri Orang Tua Egois


Ciri-ciri Orang Tua Egois
Namun tidak dipungkiri bahwa pasti tetap saja ada orang tua yang memang sudah wataknya egois, suka memaksa, kasar, keras kepala dan suka marah-marah pada anaknya. Sebelum ke solusi cara menghadapi orangtua yang egois menurut agama islam, mari kita pahami terlebih dahulu apa saja ciri-ciri orang tua egois itu! Dan berikut beberapa diantaranya :

1. Arogan atau suka menang sendiri
Ciri-ciri orang tua egois yang pertama yaitu suka bersikap arogan dan maunya menang sendiri. Mereka biasanya akan selalu menganggap diri mereka paling benar dalam segala hal dan pastinya tidak mau dianggap salah apalagi oleh anaknya.

2. Suka mencari kesalahan anak
Ini biasanya dilakukan dalam rangka untuk mendukung pendapat atau keinginan mereka. Ketika posisi anak sudah selalu salah tentu saja sang anak harus mau menuruti keinginan mereka.

3. Tidak memberi kebebasan pada anak
Apa yang dilakukan oleh anak akan dibatasi, melakukan ini dan itu harus mendapat persetujuan mereka bahkan akan cenderung over posesif. Padahal bila orangtua terlalu mengekang anak dan membatasinya dalam segala hal justru akan membuat anak kurang bisa mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya.

4. Tidak mau mendengarkan pendapat dan keinginan anak
Hal ini masih ada kaitannya dengan poin nomor satu, jika sudah maunya menang sendiri tentu saja akan sulit untuk mendengarkan pendapat atau keinginan anak, apalagi jika itu bertentangan dengan keinginan mereka. Mereka mungkin baru akan mendengarkan jika sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

5. Kurang peka dan tidak terlalu memikirkan perasaan anak
Ciri-ciri orangtua egois lainnya adalah biasanya mereka kurang peka dan tidak begitu memikirkan perasaan anaknya. Perasaan anak mungkin akan menjadi hal nomor sekian, karena yang paling utama bagi mereka adalah apa yang menjadi keinginannya harus dituruti oleh anak.

Baca juga : 18 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak Yang Sering Dilakukan

Tidak bisa dipungkiri bahwa sifat-sifat tersebut diatas sering kali menjadi salah satu pemicu terjadinya pertengkaran dan rusaknya hubungan antara orangtua dan anak. Seperti yang sering kita lihat di berita televisi atau media tentang kasus tuntutan hukum, penganiayaan bahkan pembunuhan orang tua yang dilakukan oleh anaknya sendiri. Tentu saja hal-hal seperti itu adalah sesuatu yang sangat tidak diinginkan.

Cara Menghadapi Orang Tua Yang Egois Menurut Islam


Cara Menghadapi Orang Tua Yang Egois Menurut Islam

Lalu bagaimana sebenarnya cara menghadapi orang tua yang egois menurut islam? Supaya kita tetap bisa menjaga perasaan mereka dan tidak dianggap sebagai anak durhaka? Karena seperti kita tahu anak yang durhaka kepada orangtua termasuk salah satu dosa besar. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi orang tua yang sering bersikap egois dan menyakiti perasaan kita dan berikut diantaranya :

1. Bersabar
Yang pertama tentu saja anda sebagai seorang anak harus bisa bersabar dalam menyikapi orang tua yang egois, jagalah selalu mulut, tangan dan anggota tubuh lain dari hal-hal yang bisa menyakiti mereka. Ingatlah dengan ayat Al-Qur’an serta hadits yang ada diatas tadi karena itu merupakan tuntunan hidup yang paling benar dari Sang Pencipta.

Tentunya pernah dengar perkataan “Orang sabar disayang Tuhan” kan? Yakinlah bahwa kesabaran yang kita lakukan dalam hal kebaikan tidak akan pernah sia-sia dan pasti akan dibalas dengan pahala yang berlimpah oleh Alloh SWT.

2. Tunjukan selalu ahlak yang mulia
Seperti yang sudah disebutkan dalam ayat Al-Qur’an tadi bahwa kita dianjurkan untuk memuliakan mereka, berkata lembut dan sopan jangan membentak. Karena dengan ahlak mulia yang selalu kita tunjukan kepada mereka nantinya akan bisa membuat mereka luluh dan menyayangi kita.

Balaslah setiap perbuatan mereka yang mungkin telah menyakiti hati kita dengan perbuatan yang baik, jangan membalasnya dengan hal yang sama. Karena perbuatan yang tidak baik sangat tidak dianjurkan untuk di balas dengan perbuatan tidak baik juga. Ketika kita membalasnya dengan hal yang baik justru bisa saja akan membuat luluh hati orangtua kita.

3. Berikan hadiah atau oleh-oleh
Sesekali anda juga bisa memberikan hadiah atau oleh-oleh sebagai bentuk perhatian kepada mereka, supaya orang tua senang dan lunak dengan kita. Tunjukanlah perhatian yang tulus pada mereka kalau mereka adalah orang yang berharga dalam kehidupan anda.

4. Hindari perdebatan
Usahakan untuk menghindari berbagai perdebatan yang mungkin terjadi, diam akan lebih baik dibanding harus membantah atau menjawab perkataan orang tua. Kecuali memang kalau ada hal yang bertentangan dengan ajaran islam, maka kita harus berusaha menolaknya dengan tutur kata atau tindakan yang lembut dan penuh kesopanan.

5. Berikan nasihat
Jangan pernah bosan untuk selalu memberikan nasihat kepada orang tua yang sesuai dengan Al-Qur’an, sunnah atau perkataan para ulama. Cara menghadapi orang tua yang egois menurut islam yang satu ini ketika dilakukan dengan penuh harapan dan kasih sayang diharapkan nantinya hati mereka akan tersentuh. Para nabi pun telah memberikan contoh kepada kita akan hal ini, seperti Nabi Ibrahim ‘alaihi sallam yang tidak pernah bosan memberikan nasihat kepada ayahnya agar beriman kepada Allah SWT.

6. Patuhi perintah orang tua
Mematuhi perintah orang tua adalah hal yang wajib terutama untuk hal-hal yang halal, sunnah atau mubah, kecuali jika mereka memerintahkan hal yang dosa seperti bid’ah, maksiat atau kesyirikan maka kita wajib menolaknya dengan cara yang baik dan sopan. Jangan hanya karena mereka bersikap egois sehingga menjadikan kita melawan atau membangkang pada orangtua, jangan pernah seperti itu!

7. Ajak mereka ke majelis ilmu
Kalau memungkin ajaklah mereka ke berbagai majelis ilmu seperti pengajian atau hal yang lainnya. Kalau tidak bisa anda bisa membawakan rekaman kaset, video atau buku tentang ajaran islam yang baik. Undang lah teman atau saudara yang baik untuk ikut mendengarkan supaya diharapkan akan bisa memberi pengaruh positif bagi orang tua. Karena memang biasanya orang tua akan lebih bisa menerima nasihat dari orang lain dibanding dari kita anaknya.

8. Cobalah untuk diam
Diam yang dimaksud disini adalah tidak melawan atau menjawab apa yang orantua katakan, hal ini untuk menghindari perkataan-perkataan yang tidak pantas muncul yang justru akan memperkeruh suasana. Namun perlu diingat, diam ini bukan mendiamkan dalam segala hal atau memutus komunikasi, tapi hanya diam ketika memang orang tua sedang bersikap egois dan berkata yang tidak sesuai keinginan kita sebagai anak. Ketika dalam hal-hal lain bersikaplah seperti biasa, jangan pernah membenci orangtua.

9. Berikan senyuman kepada orangtua
Pastinya sudah tahu kan kalau senyum adalah ibadah? Dengan senyuman pula akan membuat orang yang melihatnya merasa senang dan nyaman. Dengan memberikan senyuman kepada orangtua diharapkan akan bisa meluluhkan hati mereka. Walaupun mungkin kita sudah dibuat sakit hati namun kita tetap harus memuliakan mereka dan jangan sampai membuat mereka marah, karena murka orangtua juga merupakan murka Alloh SWT.

10. Kasih tahu orangtua tentang dalil-dalil agama
Cobalah untuk memberitahu mereka tentang dalil-dalil agama baik dari Al-Qur’an atau Hadits secara baik, terutama yang berkaitan dengan sikap egois. Jika belum bisa mengungkapkan langsung didepan mereka cobalah untuk memberitahu melalui pesan lewat handphone. Walaupun mungkin orangtua nantinya tidak mempedulikan, paling tidak kita sudah berusaha.

11. Ajak Orangtua Liburan
Buat lah orangtua merasa senang dan alah satunya yaitu dengan mengajak mereka liburan. Daripada harus selalu berselisih paham bukankah akan lebih baik jika kita membuat hati orangtua senang dan bahagia? Tak perlu tempat-tempat yang mewah atau mahal, cukup tempat yang sejuk dan nyaman seperti pantai atau tempat wisata alam lainnya. Suasana yang sejuk dan nyaman tentu saja akan membuat pikiran menjadi lebih terbuka, sehingga kita bisa membicarakan hal-hal yang ingin kita diskusikan, usahakan untuk pelan-pelan dan tidak to the point. Karena kalau langsung ke permasalahan dikhawatirkan justru akan merusak suasana.

12. Ajak Berdiskusi di Waktu yang tepat
Segala permasalahan akan lebih baik jika diselesaikan secara musyawarah atau diskusi. Namun kita harus pandai-pandai memilih waktu yang tepat, jangan ketika mungkin orangtua sedang capai atau banyak pikiran malah kita mengajaknya berdiskusi, bukannya akan menyelesaikan masalah yang ada malah bisa menambah masalah. Jadi pilihlah waktu yang tepat untuk melakukannya.

13. Minta bantuan orang lain
Cara berikutnya yang bisa kita lakukan dalam menghadapi orang tua yang egois adalah dengan meminta bantuan orang lain, terutama orang yang disegani oleh orang tua kita atau orang yang selalu didengar pendapatnya oleh mereka seperti kakek nenek kita, ustadz atau yang lainnya. Ungkapkan lah apa yang kita rasakan diskusikan dengan baik dengan orang-orang tersebut. Sehingga mereka benar-benar tahu permasalahan kita sehingga nanti bisa mendiskusikannya secara baik dengan orangtua kita.

14. Minta izin untuk keluar rumah
Apabila anda mungkin sudah tidak sabar menghadapi perilaku orang tua yang egois, anda bisa meminta izin kepada mereka untuk keluar rumah. Carilah jalan atau alasan yang baik usahakan jangan membohongi mereka, hal ini bukan dimaksudkan untuk kabur atau gimana melainkan supaya mereka bisa merindukan kita. Jangan jadikan perpisahan tersebut untuk menjauhi mereka melainkan jadikanlah untuk bisa membanggakan mereka nantinya.

15. Berdoa
Cara menghadapi orang tua yang egois menurut islam selanjutnya adalah berdoa. Doa inilah hal yang harus selalu kita lakukan, karena hanya Allah SWT lah yang bisa membolak-balikan hati seseorang. Mohonlah kepada-NYA untuk memberi hidayah dan menunjukan jalan yang lurus kepada orang tua anda.

Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah seburuk apapun sikap mereka, tetaplah untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, jangan pernah menyakitinya. Terkadang saya merasa miris melihat berbagai kasus yang sering terjadi seperti ada anak yang sampai tega membunuh orang tuanya atau menuntut orang tua sampai ratusan juta rupiah ke pengadilan. Dimana sebenarnya hati nurani mereka? Apa mereka tidak ingat dari mana mereka dilahirkan dan dibesarkan, bahkan ibu kita sampai menaruhkan nyawanya saat melahirkan kita ke dunia.

Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua


keutamaan berbakti kepada orang tua
Keutamaan berbakti kepada orang tua

Selain itu yang harus kita tahu adalah banyak Faedah Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua yang sudah dijelaskan dalam agama islam seperti :

  • Akan menjadi jalan dikabulkannya doa
  • Menjadi sebab dihapusnya dosa besar
  • Pemberi keberkahan dan bertambahnya rezeki
  • Diterimanya suatu amalan
  • Sebab kebahagiaan di dunia dan akhirat

Jadi renungkanlah berbagai keutamaan-keutamaan tersebut. Apakah masih ada penghalang untuk kita berbakti kepada orang tua? Sayangi dan selalu muliakan lah kedua orang tua kita Karena kita akan sangat merugi kalau sampai menyia-nyiakan orang tua yang masih hidup, jangan sampai terjadi penyesalan ketika mereka sudah tiada.

Untuk anda yang mungkin orangtua nya sudah tiada, ingatlah untuk selalu mendoakannya disetiap shalat dan sujud kita, karena salah satu dari 3 hal yang pahalanya akan selalu mengalir terus selain amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat adalah doa dari anak yang sholeh.

Baiklah saya rasa cukup sekian dulu untuk pembahasan kali ini mengenai cara menghadapi orang tua yang egois menurut islam beserta anjuran untuk kita berbakti kepada mereka. Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca semuanya.

Wassalam.

Tag : Keluarga
0 Komentar untuk "Cara Menghadapi Orang Tua Yang Egois Menurut Islam"

Silahkan sampaikan komentar anda! Terima kasih :)

Back To Top